Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi menyatakan program Berkolaborasi Terus Melayani atau Botram Masuk Sekolah di daerah itu mempermudah para siswa mengurus permohonan pembuatan dokumen administrasi publik.
 
Dedy mengatakan Botram Masuk Sekolah menghadirkan berbagai layanan yang memudahkan para siswa dalam membuat Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta dokumen administrasi kependudukan lain bagi tenaga pendidik dan pekerja lingkungan sekolah.
 
"Pada edisi kedua Botram Masuk Sekolah ini kami juga menambah jumlah pelayanan dari perangkat daerah yakni menyangkut pemeriksaan kesehatan," katanya di SMPN 1 Cikarang Utara, Rabu.
 
Baca juga: Pemkab Bekasi: Botram Masuk Desa permudah migrasi digital identitas warga
 
Pelayanan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi yang diberikan untuk program Botram Masuk Sekolah ini meliputi pengecekan golongan darah dan kadar hemoglobin khususnya bagi pelajar putri.
 
"Untuk Botram Sekolah di SMPN 1 Cikarang Utara ini kita hadirkan layanan baru dari Dinas Kesehatan berupa pemeriksaan hemoglobin untuk mencegah anemia bagi pelajar remaja putri," ucapnya.
 
Ia mengaku kegiatan ini meneruskan program Botram yang sudah berjalan di tingkat kecamatan serta desa. Antusiasme tinggi masyarakat pada setiap penyelenggaraan program tersebut membuat pemerintah daerah menggelar Botram Masuk Sekolah.

Baca juga: Botram di Muaragembong bukti pemerintah layani warga wilayah terjauh
 
Pada kesempatan tersebut Dedy juga menyampaikan pesan kepada pelajar untuk terus meningkatkan prestasi dan menjauhi perilaku negatif seperti tawuran, perundungan, serta penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.
 
"Karena itu pada acara Botram ini kami berikan juga edukasi untuk mencegah tawuran, bullying dan bahaya narkoba, bekerja sama dengan Polres Metro Bekasi dan Badan Narkotika Kabupaten Bekasi," katanya.
 
Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi Carwinda mengatakan kehadiran kegiatan Botram di sekolah ini atas dorongan Penjabat Bupati Bekasi dengan pertimbangan optimalisasi pelayanan publik.

Baca juga: Warga Sukakerta Bekasi antusias manfaatkan Program Botram Masuk Desa
 
"Kegiatan Botram ini disambut baik oleh masyarakat karena manfaatnya lebih efektif dalam pelayanan. Memang kita yang menjadi leading sector tetapi ini kebijakan Pak Penjabat Bupati Bekasi serta produk pemerintah daerah. Kami berharap kegiatan ini bermanfaat bagi para pelajar dan bisa terus dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024