Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi meresmikan bantuan fasilitas sumur bor satelit bagi warga terdampak kekeringan di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muaragembong untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih.
 
Bantuan fasilitas sumur bor yang dibangun di area Masjid Jami Miftahul Falah itu merupakan program Baznas Kabupaten Bekasi melalui sumbangan para donatur dengan total tiga unit bangunan serupa tersebar pada satu kecamatan.
 
"Tentunya dengan adanya fasilitas sumur bor satelit ini, selain dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga juga sebagai komitmen dan kepedulian kita terhadap kesejahteraan masyarakat," kata Dedy di Cikarang, Kamis.

Baca juga: ACT bangun 28 sumur wakaf untuk atasi krisis air Bekasi
 
Ia berharap kehadiran fasilitas ini dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses kebutuhan air bersih sekaligus meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat, mengingat air menjadi sumber utama bagi kehidupan.
 
Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat untuk dapat menjaga dan memelihara fasilitas sumur satelit ini agar bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang.
 
Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Samsul Bahri mengatakan penyediaan fasilitas sumur bor satelit ini diharapkan menjadi solusi yang memudahkan warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih serta mengatasi krisis air bersih saat musim kemarau.
 
"Penyediaan fasilitas sumur bor satelit ini dibangun di tiga titik dari tiga desa yang berada di Kecamatan Muaragembong antara lain Desa Pantai Bakti, Desa Pantai Harapan Jaya serta Desa Pantai Bahagia," katanya.
 
Baca juga: PMI Kabupaten Bekasi bangun instalasi pengolahan air bersih siap minum
 
Baznas Kabupaten Bekasi juga berencana membangun fasilitas sumur bor satelit di desa-desa lain dengan prioritas wilayah rawan bencana kekeringan.
 
"Tadi sudah kami dibicarakan dengan camat, setelah memberikan kepada kita data rencana titik untuk pengeboran, kami akan melakukan survei. Apabila dianggap pas dan masyarakat juga setuju, kami akan segera mengirimkan tenaga untuk melakukan pengeboran," katanya.
 
Program bantuan fasilitas sumur bor satelit ini pernah dilaksanakan Baznas Kabupaten Bekasi di Kampung Singkil Sasak, Desa Samudera Jaya, Kecamatan Tarumajaya pada tahun 2023 lalu.
 
"Tentu kami ingin program ini berjalan secara berkelanjutan untuk memastikan seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi mendapatkan akses layanan air bersih dengan mudah. Donasi dari donatur kita butuhkan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024