Organisasi sosial kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menerima bantuan popok bayi ribuan karton dari PT Elleair Trading International Indonesia.

Ketua PMI Kabupaten Bekasi Akhmad Kosasih mengatakan bantuan dari salah satu produsen popok bayi dan tisu ini diterima secara berkala dengan total sebanyak empat armada truk jenis wing box yang akan dikirim setiap minggu, mulai pekan ini.

"Bantuan tahap pertama yang kami terima ini akan kami salurkan dengan memanfaatkan kerja sama Dinas Kesehatan melalui posyandu binaan puskesmas," katanya di Cikarang, Rabu.

Baca juga: PMI Kabupaten Bekasi gelar aksi kemanusiaan peringati HUT ke-79 di posko WASH

Ia mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi untuk mengetahui jumlah penerima manfaat bantuan tersebut dan menurut catatan posyandu serta puskesmas, ada 2,6 juta balita di wilayah itu.

"Kami berharap seluruh balita di Kabupaten Bekasi menerima bantuan popok bayi ini, khususnya dari keluarga tidak mampu. Mewakili masyarakat, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PT Elleair yang turut mengantarkan langsung ke kantor kami," katanya.

Kepala Markas PMI Kabupaten Bekasi Meyliany mengatakan bantuan tahap pertama ini langsung didistribusikan kepada masyarakat melalui beberapa puskesmas yang tersebar di wilayah kecamatan terdekat.

Baca juga: BPBD Bekasi bersama PMI salurkan bantuan air bersih kepada warga terampak kekeringan

"Kami langsung distribusi karena ada beberapa puskesmas yang sudah siap, antara lain Puskesmas Telaga Murni, Puskesmas Pekansari, Puskesmas Sriamur, Puskesmas Karangsatria, dan Puskesmas Wanasari," katanya.

Menurut dia, popok bayi juga menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi keluarga yang memiliki anak di bawah usia lima tahun, sehingga bantuan ini dinilai sangat tepat untuk menjangkau masyarakat khususnya para ibu rumah tangga.

"Tidak semua masyarakat mampu untuk membeli popok bayi karena faktor ekonomi atau lain sebagainya. Namun dengan adanya bantuan dari pihak perusahaan seperti ini dengan begitu kami bisa langsung membantu para ibu rumah tangga yang membutuhkan," ucapnya.

Baca juga: PMI Kabupaten Bekasi tinjau anak stunting di Desa Sriamur dan Karangsatria

Supervisor Logistik PT Elleair Trading International Indonesia Mulyono mengatakan pihaknya bantuan ini merupakan salah satu program kemanusiaan yang dijalankan perusahaan bagi masyarakat sekitar.

"Hari ini kita distribusikan hampir 800 karton popok bayi dari jumlah total sebanyak 3.800 karton yang kita serahkan melalui PMI Kabupaten Bekasi. Harapan kita semoga bantuan ini bisa berguna bagi masyarakat yang membutuhkan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024