Bogor (Antara Megapolitan) -Sebanyak 31 Tim Program Kreativitas Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (PKM-IPB) berhasil lolos masuk dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau Pimnas XXX/2017.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Yonny Koesmaryono, di Bogor, Jumat, mengatakan IPB menjadi salah satu perguruan tinggi yang paling banyak meloloskan Tim PKM nya.

"IPB masuk tiga besar bersama UGM dan Brawijaya yang terbanyak meloloskan tim PKM," kata Yonny.

Menurutnya, keberhasilan tersebut merupakan prestasi yang tidak lepas dari usaha dan kerja keras yang dilakukan segenap kelurga besar IPB. Mulai dari mahasiswa, dosen pembimbing, dosen, pembina, departemen dan fakultas yang didukung penuh oleh IPB.

"Tahun ini PKM IPB meloloskan 195 tim yang mendapatkan dana hibah Dikti dan mendapatkan bimbingan dan pembinaan secara intensif," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan sebanyak 31 kelompok PKM IPB dinyatakan lolos melaju ke PIMNAS 2017 yang akan digelar di Universitas Muslim Indonesia, Makassar pada 23-28 Agustus 2017 mendatang.

"Kesempatan ini harus diperjuangkan dan harapannya tim PKM IPB dapat berprestasi dan mengharumkan IPB di kancah Pimnas tahun 2017 dan mendapatkan juara umum," kata Yonny dalam Diskusi "IPB Menuju Pimnas 2017" bertempat di Auditorium Common Class Rooms (CCR), Kampus IPB Dramaga Bogor.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan IPB, Sugeng Santoso menjelaskan, pada PKM tahun 2017 ini IPB mengirimkan sebanyak 1.384 proposal.

Dari jumlah tersebut, 159 proposal berhasil memperoleh dana hibah pelaksanaan program dari DIKTI. Selanjutnya setelah melalui seleksi dan monitoring serta evaluasi, sebanyak 31 tim PKM IPB dinyatakan layak untuk beradu di Pimnas 2017.

Ia mengatakan, adapun sebaran Tim Pimnas IPB yang berhasil lolos ke Pimnas 2017 terdiri atas satu tim PKM Teknologi (PKM T), satu tim PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM PSH), tujuh tim PKM Penelitian Eksakta (PKM PE), 10 tim PKM Pengabdian Masyarakat (PKM M), tujuh tim PKM Karsa Cipta (PKM KC), tiga tim PKM Kewirausahaan (PKM K).

"Ditambah dua tim PKM Gagasan Tertulis (PKM GT). Jadi totalnya menjadi 31 PKM yang lolos ke Pimnas 2017," katanya.

Menurut Sugeng, sebelum memberangkatkan Tim PKm ke Makassar, IPB akan terus mempersiapkan mahasiswa dengan memberikan tambahan pembekalan dan pelatihan baik "soft skill" ataupun "hard skill".

Kontingen IPB akan diberikan pembekalan dan pelatihan intensif selama dua minggu mulai 7-20 Agustus mendatang.

"Persiapan akan dilakukan sebaik mungkin dan semoga bisa menjadi juara umum Pimnas ke-30 ini," kata Sugeng.

Ia menambahkan, Pimnas 2017 ke-30 akan diikuti oleh 420 tim dari 89 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Dengan jumlah peserta lebih dari 3 ribu orang baik mahasiswa maupun pendamping.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017