Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Jawa Barat membagi jadwal kampanye lima pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor Pilkada 2024, di lima wilayah daerah pemilihan (dapil).

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Bogor Dian Ashabul Yamin di Kota Bogor, Rabu, mengatakan lima dapil itu sama dengan dapil pada saat Pemilihan Legislatif (Pileg) yakni Kecamatan Bogor Timur-Tengah, Bogor Selatan, Bogor Barat, Tanah Sareal, dan Bogor Utara.

“Itu hasil kesepakatan dan koordinasi kita dengan Polresta Bogor, Bawaslu, para calon, dan sebagainya. Jadi kita membagi menjadi lima wilayah di Bogor sesuai dengan dapil pada saat pileg,” jelasnya.

Baca juga: KPU Kota Bogor rakor pembatasan dana kampanye dengan perwakilan lima paslon
Baca juga: KPU Kota Bogor tetapkan batas dana kampanye Pilkada maksimal Rp72 miliar

Dian mengatakan, lima paslon Pilkada 2024 di Kota Bogor akan turun ke lima dapil tersebut sesuai jadwal yang diatur oleh KPU Kota Bogor mulai 25 September-23 November 2024.

Ia menjelaskan, alasan dibaginya daerah kampanye ini antara lain agar tidak ada dua atau lebih paslon yang kampanye di daerah yang sama, di waktu yang sama.

“Kemudian masalah keamanan, kenyamanan mereka kampanye, dan masyarakat menerima kampanye lebih mudah. Kalau satu titik pada pagi dan sore didatangi paslon berbeda, itu tidak kondusif,” kata Dian.

Di samping itu, ia mengatakan, upaya ini juga mempermudah pengawasan yang dilakukan Bawaslu. Serta mempermudah tugas pengamanan Polresta Bogor Kota.

“Kalau turun ke semua, gempor loh mereka apalagi kalau mobile. Nggak ter-cover semua juga. Kecuali kalau mereka hanya sekadar pawai atau konvoi, tapi kan kalau begitu tidak bertemu masyarakat,” ucapnya.

Baca juga: KPU Kota Bogor jadwalkan masa kampanye untuk lima paslon Pilkada 2024

Selain kampanye ke masyarakat, Dian menyebut, KPU Kota Bogor juga memberikan waktu kelima paslon untuk kampanye di media massa mulai 10-23 November 2024.

“Empat belas hari mereka boleh kampanye di media massa kayak pasang iklan di tv, radio, dan lain-lain. Bisa podcast juga di tanggal itu,” ucapnya.

Diketahui, lima paslon yang akan maju dalam Pilkada serentak 2024 memperebutkan posisi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor ialah; Sendi Fardiansyah-Melli Darsa di nomor urut 1, Atang Trisnanto-Annida Allivia di nomor urut 2, Dedie Rachim-Jenal Mutaqin di nomor urut 3, Rena Da Frina-Achmad Teddy Risandi di nomor urut 4, dan Raendi Rayendra-Eka Maulana di nomor urut 5.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024