Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menerima kunjungan kerja Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara dalam rangka studi bidang pemerintahan keamanan dan ketertiban umum. Rombongan Kabupaten Minahasa dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda), Lynda D. Watania diterima Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu di Ruang Serbaguna I, Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Cibinong, Kamis (9/12).
 
Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor, mengucapkan selamat datang kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa di Bumi Tegar Beriman, dalam rangka penerimaan tim studi tiru bidang pemerintahan, keamanan dan ketertiban umum. Pemkab Bogor memiliki strategi dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik di sektor pemerintahan.
 
“Di antaranya berkomitmen dalam penyelenggaraan pelayanan publik, dengan menetapkan standar pelayanan sesuai azas serta komponen standar pelayanan sesuai penetapan maklumat pelayanan. pendampingan pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman RI dan Kementerian Pan RB,” ujar Asmawa.
 
Asmawa menjelaskan berbagai inovasi yang telah diterapkan dalam hal tata kelola pemerintahan yang baik. Pengelolaan e-Government di Kabupaten Bogor, sesuai dengan pedoman dalam implementasi SPBE, dan diterapkan dalam pelayanan publik. Inovasi atau pemanfaatan teknologi juga digunakan untuk mendukung pengawasan dan penegakan ketertiban umum di Kabupaten Bogor.
 
“Dampak positif dalam penerapan regulasi tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat yakni kepedulian dan partisipasi masyarakat untuk mengadukan ke Satpol PP apabila terjadi gangguan ketertiban umum di lingkungannya sebagai langkah awal pencegahan,” jelas Asmawa.
 
Asmawa melanjutkan, kemudian terselamatkannya aset pemerintah baik daerah maupun pusat dari berbagai pelanggaran yang terjadi di lokasi tersebut seperti keberadaan bangunan liar dan bangunan tidak berizin. Semoga apa yang kami sampaikan hari ini bisa bermanfaat dan bisa diterapkan di Kabupaten Minahasa.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, Lynda D. Watania mengungkapkan, kedatangan kami ke Kabupaten Bogor untuk belajar lebih jauh terkait bagaimana Pemkab Bogor bisa begitu cepat mewujudkan infrastruktur yang luar biasa dengan dukungan keamanan dan ketertiban masyarakat. Salah satunya penataan kawasan Puncak yang kini sudah tertib dan teratur.
 
“Kami mendorong perangkat daerah kami dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja untuk lebih mendalami hal tersebut, karena terus terang kami memiliki pengaturan ketertiban umum yang belum optimal, jadi kami perlu banyak belajar,”
 
Ia menambahkan, oleh karena itu kami sampaikan terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada Pj.Bupati Bogor beserta jajaran yang sudah menerima kami dengan baik di Kabupaten Bogor.
 
“Apa yang sudah dilakukan oleh Pj. Bupati Bogor dan jajarannya telah memicu semangat kami untuk menjadikan Kabupaten Minahasa menjadi kabupaten terdepan di Provinsi Sulawesi Utara,” tandas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, Lynda D. Watania.

Pewarta: Diskominfo Kabupaten Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024