Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bersama Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) menggelar lomba bagi masyarakat untuk menciptakan menu makanan sehat.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Bogor Suryanto Putra membuka Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di Aula Tegar Beriman, Cibinong, Selasa.

Ia menyebutkan lomba tersebut untuk mempromosikan dan membudayakan kepada masyarakat bagaimana mengolah pangan dari bahan baku lokal yang ada di Kabupaten Bogor.

Menurut dia, saat ini negara Indonesia menghadapi tiga tantangan global, yaitu perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, dan polusi, yang mana ketiganya saling terkait dan dapat menimbulkan berbagai dampak, salah satunya adalah krisis pangan.

Baca juga: TP PKK Bogor imbau warga tanam cabai di pekarangan rumah
Baca juga: TP PKK pusatkan "Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia" di Alun-alun Cirimekar Bogor

Untuk itu, kata dia, dibutuhkan komitmen bersama antara pemerintah, segenap pemangku kepentingan, dan elemen masyarakat dalam upaya membangun ketahanan pangan berkelanjutan.

Suryanto menyebutkan, salah satunya dengan melakukan aksi nyata dalam membangun ketahanan pangan melalui edukasi dan promosi penganekaragaman pangan lokal kepada masyarakat.

"Kabupaten Bogor ini kalau kita lihat memiliki jenis-jenis tanaman pangan yang beragam, dari yang terkenal talas Bogor, punya pisang, singkong dan lainnya," ungkap Suryanto.

Ia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan yang menyelenggarakan kegiatan B2SA ini dengan Lomba Cipta Menu B2SA.

Baca juga: Pemkab Bogor kukuhkan TP PKK sebagai duta antinarkoba

"Ini adalah merupakan rangkaian dari gerakan semarak kemerdekaan di bulan Agustus ini, kami berharap Lomba Cipta Menu B2SA ini merupakan ajang sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang manfaat konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman," tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor Asep Mulyana menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan masyarakat yang lebih sehat, aktif dan produktif serta lebih beragam dalam hal mengkonsumsi pangan.

"Melalui kegiatan ini kami berupaya menciptakan konsumsi pangan yang bervariasi dapat berjalan secara berkelanjutan dan memberikan dampak positif yang luas bagi masyarakat," kata dia.(KR-MFS)
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024