Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ), Kota Bogor, Jawa Barat, secara bertahap memindahkan pedagang Pasar Bogor ke Pasar Jambu Dua yang pembangunannya hampir rampung.

Direktur Utama Perumda PPJ Jenal Abidin di Kota Bogor, Kamis, menyebutkan saat ini sekitar 300 pedagang eksisting Pasar Jambu Dua sudah pindah dari tempat penampungan sementara ke dalam pasar.

Sementara, lanjut dia, tercatat ada 150 pedagang Pasar Bogor yang sudah mendaftar atau booking di Pasar Jambu Dua. Pemindahan pedagang Pasar Bogor ini akan dilakukan bertahap.

“Untuk pedagang-pedagang dari Pasar Bogor yang sudah booking, kami mengimbau untuk segera masuk atau pindah ke Pasar Jambu Dua,” kata Jenal.

Baca juga: TPS Pasar Jambu Dua Kota Bogor dibongkar untuk dibangun jadi lahan parkir
Baca juga: Pasar Jambu Dua Bogor telah capai 98 persen, pedagang mulai isi kios dan los

Lebih lanjut, Jenal menjelaskan, pembangunan Pasar Jambu Dua tidak bisa dipisahkan dari rencana proses revitalisasi Pasar Bogor.

Sebab, Jenal menyebut, pedagang basah di Pasar Bogor akan dipindahkan ke Pasar Jambu Dua, sementara untuk pedagang keringnya seperti pakaian akan pindah ke Pasar Sukasari yang saat ini juga sedang direvitalisasi.

“Revitalisasi Pasar Bogor akan kami mulai setelah Pasar Jambu Dua dan Pasar Sukasari selesai, karena kita tidak membuat tempat penampungan sementara untuk pedagang Pasar Bogor,” jelasnya.

Sementara itu, Jenal memaparkan, progres pembangunan Pasar Jambu Dua sudah mencapai 96 persen. Tersisa sekitar empat persen lagi yang belum selesai, ini merupakan Blok C yang diperuntukkan untuk pedagang buah dan daging giling.

Baca juga: Pedagang Pasar Jambu Dua Bogor pindah dari TPS akhir Juni

Sementara untuk pembangunan Blok A dan Blok B yang diperuntukkan untuk pedagang basah eksisting pasar Jambu Dua dan Pasar Bogor sudah selesai.

Total jumlah kios dan los yang ada di Pasar Jambu Dua sebanyak 1.140 kios dan los untuk pedagang basah, seperti sayur-sayuran, daging, buah-buahan, sembako, daging giling, ayam, bumbu giling dan lainnya.

“Masih ada sisa empat persen yang harus dibangun PT Bogor Artha Makmur (BAM) yakni Blok C yang sekarang sedang proses persiapan untuk membangun. Untuk yang Blok A dan B sudah selesai semua,” ujarnya.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024