Sebanyak 10 desa di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dijadikan proyek percontohan Program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (Pesiar) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk meningkatkan jumlah warga sebagai peserta Jaminan Kesehatan.

Adapun 10 desa yang terpilih menjadi proyek percontohan Program Pesiar BPJS di Kabupaten Sukabumi yakni Desa Karawang, Cisaat, Cimanggu, Citepus, Bojongraharja, Citanglar, Sekarwangi, Ubrug, Cikembar dan Warungkiara.

"Sepuluh desa yang terpilih ini menjadi percontohan bagi desa lain di Kabupaten Sukabumi. Untuk meningkatkan kesadaran warga pentingnya menjadi peserta BPJS Kesehatan," kata Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman di Sukabumi, Rabu.

Menurut Ade, desa merupakan ujung tombak bagi Pemkab Sukabumi dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Diharapkan, melalui program ini akan semakin banyak warga yang sadar pentingnya menjadi peserta Jaminan Kesehatan sebagai antisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan seperti sakit.

Maka dari itu, masyarakat yang ditunjuk untuk mewakili desanya bisa aktif selama menjalankan tugas dari BPJS Kesehatan sehingga pemahaman warga tentang Jaminan Kesehatan lebih meningkat serta mengetahui keuntungan lainnya/

Seperti, warga yang menjadi peserta aktif di BPJS Kesehatan akan mendapatkan berbagai perlindungan dan mudah mendapatkan berbagai layanan dan akses kesehatan. Selain itu, program ini juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Kami berharap agen Pesiar BPJS Kesehatan yang merupakan perwakilan dari desanya bisa menjalankan tugasnya terutama dalam meningkatkan jumlah keaktifan masyarakat dalam iuran BPJS Kesehatan serta menambah peserta baru," tambahnya.

Sementara, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sukabumi Dwi Surini mengatakan Program Pesiar lahir untuk memetakan penduduk agar mereka memiliki jaminan kesehatan. Maka dari itu, terdapat agen Pesiar BPJS Kesehatan di setiap desa yang dijadikan proyek percontohan. Agen pesiar ini merupakan orang-orang yang direkomendasikan desa.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024