Tim pemeriksa hewan kurban di Kabupaten Karawang, Jawa Barat mulai turun ke lapak-lapak penjualan hewan kurban menjelang Idul Adha tahun ini.

"Mulai hari ini tim sudah mulai turun untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang, Handoko, di Karawang, Jumat.

Ia menyampaikan bahwa pemeriksaan hewan kurban tersebut dilakukan oleh seratusan petugas dengan cara mendatangi lapak-lapak penjualan hewan kurban di sekitar Karawang.

Ada 192 petugas pemeriksa hewan kurban yang melakukan pemeriksaan, terdiri atas gabungan dari dokter hewan, UPTD Pertanian dan Peternakan serta Penyuluh Pertanian Karawang.

Baca juga: Pemkab Karawang sebar ratusan petugas pemeriksa hewan kurban jelang Idul Adha

Selain itu mereka juga dibantu oleh petugas dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang.

Handoko menyampaikan kalau pada hari ini petugas telah memeriksa sekitar 150 ekor hewan kurban jenis domba, kambing dan sapi yang tersebar di sejumlah lapak penjualan hewan kurban di sekitar Karawang.

Ke depan pemeriksaan hewan kurban atas terus dilakukan, guna memastikan hewan kurban tersebut kondisinya sehat.

Ia mengaku menyiapkan 12.500 kalung sehat sebagai tanda bahwa hewan kurban telah diperiksa dan kondisinya sehat.

Baca juga: Wabup Karawang ajak masyarakat dan ASN belajar ikhlas pada momentum Idul Adha

Bupati Karawang Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa dalam pemeriksaan hewan kurban pihaknya juga bekerja sama dengan MUI, agar hewan yang dijual untuk kurban pada Hari Raya Idul Adha sesuai dengan syariat agama Islam.

Ia memastikan kalau proses pemeriksaan hewan kurban di lapak-lapak penjualan hewan kurban itu gratis. Bahkan, jika ada hewan yang perlu diberikan vitamin dan nutrisi, tim menyediakan vitamin gratis untuk diberikan kepada hewan.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024