Penjabat Wali Kota Sukabumi, Jawa Barat, Kusmana Hartadji melepas ratusan calon haji asal kota itu dari Gedung Anton Sujarwo Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Calon Perwira Polri Sukabumi menuju Embarkasi Bekasi, Senin.

"Ada 336 calon haji yang berangkat ke tanah suci Makkah, Arab Saudi pada 2024 ini atau bertambah 80 orang dibandingkan dengan kuota haji 2023 sebanyak 256 orang," katanya usai melepas calon haji, Senin.

Menurutnya, tingginya minat warga Kota Sukabumi untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima tersebut menunjukkan ekonomi masyarakat yang meningkat dibuktikan dengan daftar tunggu haji yang mencapai 20 tahun.

Baca juga: Ada 95 ASN Pemkab Sukabumi berangkat tunaikan ibadah haji
Baca juga: Kuota jemaah haji 2024 untuk warga Kota Sukabumi bertambah 80 orang

Data yang diterima pihaknya dari Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi calon haji yang berangkat dari daerah itu pada tahun ini paling muda berusia 22 tahun dan tertua berusia 85 tahun.

Pihaknya juga meminta para calon haji untuk mendoakan perekonomian Kota Sukabumi terus meningkat dan berkembang agar masyarakat sejahtera dan pemerintah bisa menjalankan tugasnya sebagai pelayan warga dengan maksimal.

"Rencananya calon haji ini diberangkatkan ke tanah suci pada Selasa (28/5), kami berharap seluruh jamaah bisa menjalankan ibadahnya dengan sempurna dan pulang dengan jumlah yang sama. Jaga kesehatan dan jika ada kendala segera hubungi pendamping haji," tambahnya.

Baca juga: Wabup Sukabumi melepas ratusan jemaah calon haji kloter 6

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi Samsul Puad mengatakan tahun ini sebanyak 336 warga Kota Sukabumi yang berangkat ke tanah suci ditambah petugas KBRI dan lainnya sehingga totalnya sebanyak 374 orang.

Pantauan di lokasi, ratusan personel Polres Sukabumi Kota dikerahkan untuk mengamankan pelepasan ratusan calon haji serta menertibkan keluarga calon haji yang mengantar agar tidak terjadi kemacetan dan antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024