Penyedia infrastruktur pasar keuangan internasional terkemuka berbasis di Inggris Raya, London Stock Exchange Group (LSEG), berkolaborasi dengan badan riset dan analisis Lipper Fund, menobatkan penghargaan berskala internasional kepada Manajer investasi PT Henan Putihrai Asset Management (Henan Asset) untuk produk reksadana saham syariah dikelola perusahaan.

Penghargaan yang diterima oleh Henan Asset yaitu LSEG Lipper Fund Awards Global Islamic 2024 Winner diberikan untuk produk reksa dana saham syariah HPAM Ekuitas Syariah Berkah sebagai Best Equity Indonesia Fund Over 3 Years, sebagai bagian dari payung besar tingkat regional Global Islamic.

Henan Asset Managing Director Markam Halim dalam keterangannya, Kamis mengungkapkan penghargaan yang diraih merupakan bukti nyata atas komitmen Henan Asset dalam menghadirkan produk yang berkualitas untuk para investor.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen Henan Asset dalam menghadirkan produk reksa dana syariah yang berkualitas dengan memperlihatkan konsistensi dari kinerja produk. Kami bersyukur atas kepercayaan investor yang telah memilih Henan Asset sebagai mitra investasinya," katanya.

Secara historis, kinerja HPAM Ekuitas Syariah Berkah menunjukan pertumbuhan yang paralel dan positif terhadap tolok ukur Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) sebagaimana terlihat pada tabel dibawah dan telah mencatatkan pertumbuhan sebesar 95.54 persen pada periode 3 tahun terakhir.

Dari keseluruhan 46 produk reksa dana saham syariah yang dipasarkan di Indonesia (Infovesta, 2024), produk HPAM Ekuitas Syariah Berkah merupakan salah satu dari 3 yang memenangkan penghargaan dari LSEG Lipper Fund Awards 2024.

Tabel kinerja produk reksa dana HPAM Ekuitas Syariah Berkah periode Februari 2020 – Desember 2023berdasarkan Fund Fact Sheet produk.
Terkait kinerja, Henan Asset Head of Investments Ivan Chamdani menjelaskan mengenai strategi yang diterapkan dalam pengelolaan produk, serta pandangan positif terhadap pertumbuhan pasar keuangan syariah di Indonesia.

“Gambaran besarnya, kami selalu cepat tanggap dalam memperhatikan situasi dan menerapkan prinsip multi-disiplin dan multi-strategi sesuai dengan kondisi," ujarnya.

Dengan produk ini, kami mencoba menerapkan strategi long-bias yang berfokus pada pemimpin industri dan emiten dengan rekam pertumbuhan yang menarik.

Mempertimbangkan outlook pertumbuhan perekonomian negeri yang tidak dapat dipungkiri, kami juga memandang positif pasar keuangan syariah yang khususnya sangat populer di kalangan aspiring middle class serta UMKM, yang merupakan motor penggerak signifikan terhadap pertumbuhan negeri.

Principal Lipper Global Research di LSEG Lipper Tom Roseen memberikan apresiasi atas kegigihan dan keunggulan para manajer investasi dalam melampaui tantangan-tantangan kondisi pasar dan politik global yang sangat fluktuatif belakangan ini.

"LSEG Lipper Fund Awards 2024 mengakui periode tiga tahun kebelakang merupakan salah satu yang paling dramatis yang pernah dilihat pasar dalam beberapa dekade.

Manajer investasi yang diakui telah membimbing para investor mereka melalui pandemi, resesi ringan, perang, inflasi yang melonjak, dan intervensi bank sentral yang signifikan.

"Kami memberikan penghargaan kepada para pemenang LSEG Lipper Fund Award 2024 seperti antara lain Henan Asset atas kinerja luar biasa dan kenyamanan dari konsistensi yang menyertainya dalam portofolio investor untuk melampaui berbagai gangguan pasar global," katanya.

Penghargaan LSEG Lipper Fund Awards merupakan salah satu penghargaan paling bergengsi di industri pasar saham global. Penghargaan ini diberikan berdasarkan metodologi yang objektif dan independen, sehingga menjadi pengakuan yang kredibel atas kinerja terbaik reksa dana.
 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024