Pemerintah Kabupaten Sukabumi memastikan setiap desa untuk terus berinovasi mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh setiap desa.

"Setiap desa pasti memiliki potensi yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan UMKM. Maka dari itu, pemerintah desa harus bisa berinovasi dengan memanfaatkan potensi yang ada," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Jumat.

Menurut Marwan, pihaknya secara rutin mengunjungi desa untuk mengetahui secara langsung potensi yang dimilikinya. Ternyata setiap desa memiliki potensi yang jika dikembangkan melalui kegiatan UMKM bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

Potensi tersebut baik dalam bentuk sumber daya alam, pariwisata maupun pertanian. Untuk itu, pemdes maupun warga desa harus berkolaborasi dan berinovasi agar UMKM yang sudah berjalan bisa terus dikembangkan dan menciptakan pelaku UMKM baru dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Salah satunya Pemdes Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja yang berhasil mengembangkan UMKM yang ada di desanya baik dengan memanfaatkan potensi serta membangkitkan kembali badan usaha milik desa (Bumdes).

Kades Pasirhalang Yusup Purnama mengatakan berbagai inovasi telah diciptakan oleh pihaknya yang berkolaborasi dengan warga desa melalui pengembangan UMKM dengan tujuan untuk meningkatkan derajat ekonomi para pelaku UMKM dan masyarakat.

"Dalam mengembangkan UMKM dan potensi yang kita harus memiliki inovasi dan yang tidak kalah penting adalah kolaborasi antara pemdes dengan masyarakat, sehingga potensi yang ada bisa termanfaatkan dengan baik," katanya.

Ia pun selalu menanamkan rasa optimistis kepada para pelaku UMKM bahwa produk yang dihasilkan bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi, dikenal dan mampu bersaing di pasar baik lokal maupun nasional.   

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024