Universitas Indonesia (UI) menyiapkan beragam informasi yang lengkap tentang penerimaan mahasiswa baru di UI Open Days 2024 mulai 27-28 April 2024.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia di Depok, Selasa, mengatakan para pengunjung akan mendapatkan informasi detail tentang hal-hal yang merupakan nilai lebih UI sebagai kampus inklusif, dari masing-masing fakultas, program pascasarjana, dan program pendidikan vokasi.

Tahun ini, untuk ke-12 kalinya UI akan melaksanakan kegiatan rutin tahunan tersebut melalui UI Open Days 2024 pada 27-28 April 2024 di Balairung dan Balai Sidang Kampus UI Depok.

Baca juga: Seleksi jalur Talentscouting UI luluskan 625 mahasiswa baru

Ia mengatakan informasi itu terkait dengan kurikulum, sarana dan prasarana di Kampus Salemba dan Kampus Depok.

Pengunjung akan mendapatkan informasi pendidikan secara langsung dari berbagai fakultas, mulai dari jenjang diploma hingga pascasarjana, dari 14 fakultas, satu program pendidikan vokasi, dan dua sekolah pascasarjana di UI.

Seperti juga pada tahun-tahun sebelumnya, diprediksi pengunjung sekitar 10.000 orang lebih, berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pada 2024 sesuai dengan tema UI Open Days "Empowering Your Journey: Unlocking Opportunities at UI", maka pemberdayaan siswa untuk menjelajahi berbagai kesempatan dan potensi di UI menjadi fokus.

Baca juga: UI sosialisasikan penerimaan mahasiswa baru jalur UTBK-SNBT dibuka hingga 5 April

Calon mahasiswa baru akan diperkenalkan pada berbagai aspek, seperti inovasi, kepemimpinan, kolaborasi, dan pengembangan diri.

Rangkaian kegiatan UI Open Days 2024 dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama di balairung dengan kegiatan pada Sabtu (27/4), meliputi presentasi seputar fakultas, sesi games, sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, serta seminar motivasi dari mahasiswa berprestasi utama Program Sarjana dan Vokasi 2024.

Pada hari kedua, Minggu (28/4) acara diisi oleh para alumnus UI yang sukses dalam dunia karir.

Salwa Rafila, alumnus Program Vokasi Jurusan Administrasi Rumah Sakit 2019, mahasiswa berprestasi utama Program Pendidikan Vokasi 2021 dan Puteri Indonesia Kepulauan Riau 2022, akan berbagi pengalaman selama menempuh kuliah di UI.


Baca juga: UI berikan informasi tentang penerimaan mahasiswa baru di IIETE 2024

Selain itu, pengunjung dapat merasakan atmosfer menjadi mahasiswa the yellow jacket dan menikmati lingkungan asri Kampus Depok menggunakan bus Kuning UI.

Kelompok kedua menempati lokasi di Balai Sidang. Di tempat ini akan ada sesi presentasi Kelas Internasional. Pada Sabtu (27/4), diadakan sesi presentasi untuk rumpun sosial dan humaniora serta hari kedua, Minggu (28/4) presentasi dari rumpun sains, teknologi dan kesehatan.

Sambil menikmati acara, pengunjung juga dapat mendatangi stan yang tersedia di kedua lokasi untuk memperoleh informasi yang komprehensif mengenai program sarjana, vokasi, dan pascasarjana.

Setiap fakultas akan menyiapkan stan informasi di mana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan petugas untuk mendapatkan informasi menyeluruh mengenai fakultas dan program studi yang diminati.

Bagi mereka yang ingin mengikuti acara UI Open Days dapat mengunjungi laman ui.id/mabaui untuk informasi dan registrasi.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024