Polres Sukabumi Kota menyiapkan berbagai strategi untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan saat musim mudik dan arus balik lebaran atau Idul Fitri 1445 H di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jabar tepatnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

"Strategi antisipasi terjadinya kemacetan sudah kami bahas dan dikoordinasikan dengan instansi terkait, agar pada puncak arus mudik lebaran tidak terjadi penumpukan kendaraan menuju Kota Sukabumi dan pusat kota," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo di Sukabumi, Minggu.

Menurut Ari, salah satu antisipasi kemacetan arus lalu lintas pada musim mudik lebaran yakni dengan menempatkan personel Polres Sukabumi Kota di lokasi rawan kemacetan, jalur penghubung serta melakukan rekayasa arus lalu lintas.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota gelar mudik gratis untuk warga Sukabumi
Baca juga: Dishub Sukabumi gelar uji kelayakan armada bus jelang musim mudik

Selain itu, melalukan patroli ke sejumlah lokasi antisipasi adanya kendaraan pemudik yang mogok sehingga menyendat arus lalu lintas. Berbagai strategi tentunya sudah disiapkan pihaknya dalam upaya mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Meskipun Kota Sukabumi bukan merupakan jalur utama mudik lebaran, tetapi kerap dijadikan jalur alternatif mudik jika kendaraan yang menuju ke Puncak, Bogor sudah padat dan terjadi kemacetan panjang, sehingga biasanya dialihkan ke Kota Sukabumi.

"Kota Sukabumi merupakan daerah tujuan mudik, tidak menutup kemungkinan pemudik yang datang dan melintas jumlahnya akan meningkat dibandingkan tahun lalu," tambahnya.

Baca juga: Hiswana Migas Sukabumi pastikan ketepatan takaran BBM di SPBU tidak ada yang kurang

Ari memprediksi puncak arus mudik di Kota Sukabumi terjadi pada H-3 lebaran, namun yang paling diantisipasi saat bertepatan dengan perayaan Malam Takbiran di mana warga biasanya melakukan takbir keliling sehingga kendaraan pemudik dengan warga bersatu.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024