Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengecek infrastruktur yang akan menjadi jalur pemudik Idul Fitri 1445 Hijriah pada ruas jalan utama maupun alternatif dalam rangka persiapan arus mudik tahun ini.

"Pengecekan dilakukan menyeluruh, baik itu dari segi kondisi jalan maupun kelengkapan sarana dan prasarananya," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Rabu.

Ia mengatakan persiapan musim mudik telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui perbaikan infrastruktur jalan sebelum Bulan Ramadhan sehingga mampu menghemat anggaran sekaligus mempercepat kesiapan jalan bagi para pemudik yang melintasi daerah itu.

"Termasuk pemeliharaan jalan dengan pembersihan dari sisa tanah, menambal jalan berlubang, serta pembangunan dua lajur Jalan Inspeksi Kalimalang hingga menuju Kabupaten Karawang, juga perbaikan pada jalur-jalur alternatif," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi bersihkan jalan amankan jalur mudik Lebaran tahun ini
Baca juga: Bupati Bekasi pastikan kualitas perbaikan jalan untuk jalur alternatif mudik

Pemkab Bekasi juga masih menunggu arahan dari Polres Metro Bekasi menyangkut persiapan arus mudik dengan menyiapkan dukungan dan kelengkapan di posko layanan mudik sebagai sarana istirahat para pemudik.

"Tentu menunggu arahan dari Polres Metro Bekasi karena memang biasanya sebagai koordinator pengamanan arus mudik ini ada di Polres," katanya.

Dani memprediksi jumlah pemudik tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya mengingat pertambahan jumlah penduduk disertai peningkatan pergerakan perekonomian setelah pandemi COVID-19.

"Untuk itu kami mendorong kesiapan semua pihak agar arus mudik Lebaran tahun ini aman dan lancar sekaligus antisipasi kerawanan dan ketidaknyamanan pemudik saat melalui jalur yang ada di Kabupaten Bekasi," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi optimalkan pekerjaan perbaikan jalur alternatif mudik

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan pihaknya tengah menyiapkan posko kesehatan di jalur mudik dalam rangka menyambut arus mudik Idul Fitri.

"Kita tengah mempersiapkan tim untuk posko kesehatan sesuai dengan kebiasaan setiap tahun. Mulai H-7 sampai H+7 ada posko kesehatan untuk mudik. Dari rencana, biasanya titiknya setelah ada koordinasi dengan Polres. Seperti di jalur Kalimalang, jalur pantura, dan Jalur Tol Jakarta-Cikampek," katanya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Yana Suyatna memastikan kesiapan personel untuk membantu aparat kepolisian dalam mengamankan jalur lintasan mudik tahun ini.

"Sudah siap 100 persen tinggal menunggu arahan dari Polres Metro Bekasi menyangkut titik simpul posko mudik serta jumlah petugas gabungan yang akan disiagakan," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024