Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, menggelar Pasar Murah Ramadan di 11 kecamatan se-Kota Depok untuk meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok dan juga menekan inflasi.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Depok, Selasa mengatakan program ini diluncurkan bertujuan untuk membantu masyarakat yang kekurangan. Selain itu juga, diadakan dalam rangka menangani inflasi daerah.

"Supaya harga-harga tidak melambung tinggi. Kita melakukan pasar murah. Kita memberikan subsidi bahan pokok, seperti beras, gula, minyak goreng, sarden," ujar Imam.

Baca juga: Pemkot Depok tekan inflasi dengan gelar pasar murah

Pada program ini Pemkot Depok memberikan subsidi sebesar 60 persen dari harga asli paket sembako yang diberikan. Yang harga awalnya Rp138 ribu menjadi Rp53 ribu.

"Warga yang mendapatkan bantuan ini ialah warga yang terdaftar ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Untuk di Kelurahan Tugu ada 107 penerima manfaat," katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan pasar murah merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

Baca juga: Pemkot Depok jamin stok bahan pangan cukup hingga Lebaran 2023

Sebab, diketahui sejak menjelang Ramadhan harga-harga pangan naik dan cukup berimbas pada daya beli masyarakat.

"Pemerintah memberikan subsidi di setiap satu paket sembakonya, ini juga bagian dari upaya menekan inflasi dan mendorong keterjangkauan daya beli masyarakat," ujarnya.

Dikatakannya, pasar murah Ramadhan diadakan di 11 kecamatan mulai 18-26 Maret 2024.

Baca juga: Pemkot Depok gelar pasar murah di 11 titik pada April 2023

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus berupaya melakukan upaya menekan inflasi dari hulu ke hilir. Seperti pemantauan stok dan harga pangan selama Ramadhan, berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi terkait permintaan pasokan bahan pokok.

"Alhamdulillah ketersediaan bahan pokok aman, harga relatif terjangkau. Inflasi Depok saat ini 2,36 masih di bawah nasional," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024