Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyinergikan program "Berkolaborasi Terus Melayani" atau Botram dengan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia.

Komandan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi Letkol Inf Danang Waluyo menyatakan program Botram merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan TMMD ke-119 tahun ini dengan maksud optimalisasi sinergi bersama Pemkab Bekasi dalam rangka melayani masyarakat saat Ramadhan.

"Wilayah yang belum tersentuh, kami hadir untuk membantu. Selain pelayanan yang ada hari ini, kami juga telah melaksanakan berbagai kegiatan fisik berupa pembangunan maupun nonfisik," katanya di Cikarang, Jabar, Sabtu.

Dia berharap kehadiran Botram bersama TMMD ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di Desa Karangmukti.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Bekasi Cikarang buka layanan pada kegiatan Botram

"Selain itu, bisa semakin mendekatkan diri kepada masyarakat," ucapnya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan Botram hadir sebagai upaya memenuhi sekaligus memudahkan pelayanan terhadap masyarakat secara cepat, tepat, dan gratis dengan menjangkau setiap desa di Kabupaten Bekasi.

"Saya sangat senang melihat begitu antusiasnya masyarakat Karangbahagia dan ternyata ini memang pelayanan yang betul-betul dibutuhkan masyarakat. Di mana pun kita hadir masyarakat bisa menikmati pelayanan-pelayanan gratis dan tidak harus datang jauh-jauh ke kantor kecamatan atau dinas," katanya.

Dia menyatakan ke depan, program Botram akan ditambahkan dengan inovasi pelayanan-pelayanan lain. Salah satunya pelayanan pembuatan SIM keliling yang langsung menjangkau masyarakat, sehingga memudahkan warga dalam mengakses pelayanan tersebut.

Baca juga: TNI dan warga gotong royong bangun Bekasi melalui TMMD

"Bahkan, nanti ada lagi inovasi yang langsung bisa keliling ke desa-desa terjauh untuk melakukan layanan mobile menggunakan mobil layanan. Sehingga, masyarakat yang butuh layanan tersebut tinggal menunggu jadwal. Seperti SIM keliling, tapi bukan hanya SIM melainkan ada pelayanan KTP, BPJS, kesehatan, juga pendidikan," katanya.

Dani menambahkan program Botram ini merupakan sebuah komitmen dari Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam menyediakan berbagai macam pelayanan yang dapat secara langsung menyentuh masyarakat di setiap wilayah.

"Kenapa kita targetnya sebulan dua kali, karena kami ingin semua kecamatan dan desa yang terjauh yang memang jauh dari kantor kecamatan bisa terjangkau semua," ucap dia.

Sementara, warga Kampung Pulo Besar, Desa Karangmukti, Intan Nuraeni (17) mengaku senang dengan kehadiran program kolaboratif seperti Botram ini. Pada kegiatan tersebut Intan membuat surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

Baca juga: TMMD Korem Suryakencana fokus perbaikan jalan untuk dongkrak ekonomi

"Kami sebagai warga Kecamatan Karangbahagia mengucapkan terima kasih atas diadakannya program ini. Ini sangat membantu kami untuk mengurus segala dokumen yang dibutuhkan masyarakat," katanya.

Kegiatan Botram saat Ramadhan ini menghadirkan beragam gerai pelayanan seperti layanan kesehatan, sosial, pertanian, kantor pos, pendidikan, layanan kecamatan, BPJS Kesehatan, Disnaker, Bapenda, Bank BJB, Disdukcapil, hingga Samsat.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024