Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar safari Ramadhan 1445 Hijriah di empat wilayah kecamatan dengan rincian satu lokasi pada setiap pekan guna memaksimalkan amalan dan ibadah bersama masyarakat selama bulan suci.

"Dalam safari Ramadhan ini Pak Bupati bersama kepala perangkat daerah hadir seminggu sekali setiap hari Rabu di empat kecamatan terpilih," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat pada Setda Kabupaten Bekasi Bennie Yulianto Iskandar di Cikarang, Senin.

Dia mengatakan agenda safari Ramadhan 1445 Hijriah diawali di Kecamatan Tambelang pada Rabu (13/3/2024). Sepekan setelah itu dilanjutkan di Kecamatan Tambun Utara, disusul Kecamatan Setu pada pekan ketiga yang bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran.

Baca juga: Jamkrindo Sukabumi bagikan paket sembako ke warga saat Safari Ramadhan
Baca juga: Safari Ramdhan di sembilan negara tiga benua

"Terakhir atau pekan keempat dijadwalkan di Kecamatan Muaragembong pada 3 April 2024," katanya.

Bennie mengatakan agenda rutin tahunan pemerintah daerah ini akan diisi dengan santunan anak yatim dan dhuafa, serta bantuan sosial kepada masjid di area berlangsung safari Ramadhan 1445 Hijriah.

"Kami juga akan menghadirkan para dai kondang untuk memberikan siraman rohani dan nasihat-nasihat agama sambil menunggu waktu berbuka puasa," ucapnya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan momentum bulan suci Ramadhan hendaknya diisi dengan menjalankan kewajiban puasa dan amalan lain guna meningkatkan kualitas iman dan taqwa.

Baca juga: Pemkab Bekasi gelar Safari Ramadhan ke Cabangbungin

Kemudian amaliyah kemasyarakatan dan kegiatan dakwah Islamiyah dalam rangka mewujudkan suasana kerukunan umat beragama, mempererat tali silaturahim dan persaudaraan selaras dengan ajaran agama Islam.

Dirinya meminta pengurus Dewan Kemakmuran Masjid untuk meningkatkan amalan ibadah melalui kajian ilmu agama, menggelar shalat sunah tarawih, tadarus Al Quran, infak, sedekah, serta ibadah lain.

Dani juga mengimbau masyarakat mengambil hikmah ibadah puasa dan kebajikan-kebajikan di bulan Ramadhan serta menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam rangka menyukseskan pembangunan guna mewujudkan kehidupan yang sejahtera, bahagia lahir dan batin, sebagai perwujudan nilai-nilai luhur Pancasila.

"Jangan lupa pula keluarkan zakat, infak, dan sedekah saudara dan keluarga sesuai dengan syariat Islam dan salurkan melalui lembaga amil zakat setempat," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024