Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membudayakan hidup sehat dengan menyelenggarakan senam rutin setiap pekan di hari Jumat bagi aparatur sipil negara (ASN).

"Kami membudayakan senam untuk menjaga kesehatan dan kebugaran bagi para ASN di lingkungan Pemkab Bekasi," kata Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi Iman Nugraha di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan agenda rutin mingguan itu dilaksanakan serentak di lingkungan kantor pemerintahan daerah, kecamatan, hingga kantor desa dan kelurahan yang dipandu instruktur senam profesional.

Baca juga: Ratusan warga Bekasi senam jantung sehat sambut Hari Jadi ke-73
Baca juga: 300 lebih warga Bekasi antusias ikuti senam Indonesia Juara

"Sebenarnya kalau masyarakat mau ikut bisa datang ke kantor Pemkab ataupun di kecamatan dan desa maupun kelurahan. Tujuannya adalah bagaimana membudayakan olahraga untuk kesehatan masyarakat," ucapnya.

Disbudpora Kabupaten Bekasi setiap tahun membangun sarana olahraga berupa lapangan di lingkungan permukiman masyarakat untuk memfasilitasi warga yang hendak melakukan aktivitas menjaga kebugaran tubuh.

"Masyarakat Kabupaten Bekasi juga bisa mengikuti program pemerintah untuk bisa memanfaatkan waktu libur dengan senam bersama. Dengan budaya olahraga, kesehatan bisa terjaga," ucapnya.

Baca juga: Senam massal aparatur Kota Bekasi meriahkan HUT RI

Pihaknya juga memfasilitasi agenda pemerintah daerah di luar jam kerja rutin seperti kegiatan berkolaborasi terus melayani dengan menghadirkan para instruktur senam untuk mengisi rangkaian acara pelayanan masyarakat tersebut.

Iman mengaku upaya pembudayaan senam ini memiliki banyak manfaat. Selain menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh juga mampu mengurangi beban pikiran ketika menjalani rutinitas harian.

"Tubuh sehat, stamina terjaga, pikiran segar, juga bisa meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat tentunya. Jadi mari kita budayakan senam, memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024