Satuan Lalu Lintas Polresta Bogor bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Jawa Barat, membagikan puluhan alat pemadam api ringan (APAR) kepada pengemudi angkutan kota yang beroperasi di Kota Bogor.

Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria, mengatakan pembagian APAR ini dilakukan dalam persiapan memasuki Operasi Keselamatan Lodaya 2024, yang berfokus terhadap keselamatan angkot yang beroperasi di Kota Bogor ini.

Sebab dari data yang dimilikinya, dalam sebulan ada satu kasus kebakaran angkot. Di mana dalam enam bulan terakhir, tercatat ada enam kasus angkot terbakar.

Baca juga: Pemkab Bekasi wajibkan warganya miliki pemadam ringan

“Seperti minggu kemarin ada kebakaran di Empang, hampir 80 persen terbakarnya. Artinya tidak ada kesiapan, para sopir angkot dan itu bisa membahayakan keselamatan penumpang,” kata Galih di Kota Bogor, Selasa.

Bercermin dari peristiwa tersebut, Galih mengingatkan para pengemudi angkot akan pentingnya menyediakan APAR, sebagai langkah antisipasi jika kebakaran mobil terulang kembali.

“Kami secara random memilih perwakilan-perwakilan angkot trayek, kami lengkapi dengan APAR atau alat pemadam api ringan. Sehingga bukan hanya saja untuk angkot tersebut, tetapi ketika kendaraan lain di tengah perjalanan ada potensi kebakaran, mereka bisa bantu,” jelasnya.

Galih menyebut, pihaknya sengaja membagikan APAR yang lebih ringan dan sederhana. Ia juga memberikan panduan penggunaan yang telah di pasang di masing-masing APAR untuk memudahkan masyarakat.

Baca juga: Damkar Bekasi Andalkan Armada Pemadam Milik Swasta

“Sehingga itu sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kecelakaan karena kasus kebakaran kendaraan di Kota Bogor,” ujar dia.

Selain angkot yang menjadi sasaran, Galih juga menempatkan APAR di pos-pos Gatur Dishub Kota Bogor.

“Nanti kami simpan dan dipersilahkan masyarakat yang memerlukan APAR, nanti kami simpan di pos-pos tersebut,” kata Galih.

Baca juga: Pemkot Sukabumi Imbau Pusat Keramaian Miliki Pemadam

Dia berharap, Operasi Keselamatan Lodaya tahun 2024 lebih aman, tidak ada korban jiwa dan tidak ada kasus angkot yang terbakar. Total APAR yang dibagikan saat ini sebanyak 25 buah, dan akan ditambah saat Operasi Keselamatan Lodaya 2024 dimulai. 

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024