Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyelaraskan program-program prioritas daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran pembangunan berkesinambungan menuju target Indonesia Emas 2045.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan pemerintah daerah masih akan melanjutkan program prioritas pembangunan yang masuk dalam rencana kerja perangkat daerah tahun ini hingga tahun mendatang.

"Di antaranya menuntaskan penurunan stunting dan miskin ekstrem, pengurangan angka pengangguran, peningkatan investasi, inflasi, serta pelayanan publik berbasis digital," katanya di Cikarang, Selasa.

Baca juga: Pemkab Bekasi lanjutkan pembangunan Jembatan Pantai Bakti Muaragembong yang terhenti hampir 6 tahun

Ia menjelaskan, untuk menopang program prioritas tersebut dibutuhkan elemen pendukung lain karena tidak bisa berdiri sendiri. Seperti upaya meningkatkan investasi dan penurunan angka pengangguran dengan pembenahan sektor infrastruktur.

"Kebetulan kita masih banyak PR (pekerjaan rumah) untuk masalah infrastruktur, baik itu perhubungan, pengairan, pemukiman, maupun persampahan," katanya.

Kemudian upaya penanganan angka kemiskinan ekstrem hingga nol persen serta pengangguran melalui dukungan pembangunan sumber daya manusia, termasuk untuk sektor pendidikan dan kesehatan.

Baca juga: Dinas Bina Marga Bekasi alokasikan anggaran Rp737 miliar bangun infrastruktur

"Kita ingin dapat mencapai target secara berkelanjutan, di antaranya angka miskin ekstrem harus nol, stunting dari 13,8 persen jadi 10 persen, angka pengangguran dari 8 menjadi 7 persen atau lebih rendah lagi," ucap dia.

Pelaksana tugas Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi Agus Budiono menyatakan penyelarasan rencana kerja perangkat daerah dengan usulan masyarakat melalui kegiatan musyawarah rencana pembangunan atau musrenbang juga menjadi salah satu upaya optimalisasi pembangunan.

"Penyelarasan ini juga bertujuan untuk mempertajam indikator dan target kegiatan perangkat daerah, sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi susun rancangan pembangunan daerah jangka panjang

Dia mengatakan penyelarasan program dan kegiatan perangkat daerah sekaligus bertujuan untuk menyesuaikan pendanaan program kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif masing-masing perangkat daerah.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024