Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memfasilitasi koperasi untuk dapat terus mengembangkan ide dan gagasan serta inovasi demi kemajuan unit usaha yang dijalankan sekaligus menopang perekonomian masyarakat selaku soko guru ekonomi bangsa.

"Ini salah satu upaya kita memfasilitasi rapat koordinasi tahunan Dekopinda yaitu menghimpun seluruh gerakan koperasi untuk bisa berkoordinasi, menggali ide-ide dan gagasan untuk kemajuan koperasi ke depan," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Senin.

Dia mengatakan, dari total 1.500 koperasi yang terdaftar di Kabupaten Bekasi, sebanyak 800 di antaranya masih terpantau aktif dengan beragam jenis usaha yang dikembangkan. Melalui inovasi, tingkat keaktifan koperasi diharapkan dapat terus bertambah.

Baca juga: Samsat Bekasi: Pajak kendaraan bermotor dibayar dengan pembiayaan koperasi

"Saya harap 800 koperasi yang aktif ini terus ditingkatkan, keanggotaannya juga terus bertambah. Demikian juga kontribusi terhadap ekonomi daerah, pajak dari koperasi ini harus terus meningkat," katanya.

Pemerintah daerah setempat mendorong agar koperasi-koperasi di Kabupaten Bekasi dapat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu agar indikator keaktifan dapat terlihat.

Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah penghargaan kepada koperasi yang mampu melaksanakan roda organisasi dengan baik, termasuk menyelenggarakan RAT dengan tepat waktu.

"Kita akan memberikan penghargaan sertifikat bagi koperasi-koperasi yang bisa melaksanakan RAT di awal tahun dan juga koperasi award untuk koperasi-koperasi berkinerja terbaik di Kabupaten Bekasi," katanya.

Baca juga: Samsat Bekasi gandeng koperasi permudah masyarakat bayar pajak kendaraan

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bekasi Toto Iskandar mengatakan kunci kekuatan koperasi adalah keberlangsungan koneksi antara dinas, Dekopinda dan para pelaku koperasi dengan baik.

Ia mengaku Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi sejauh ini sudah memberikan kemudahan untuk koperasi, salah satunya dengan pembebasan biaya pembentukan koperasi.

"Kemudian memberikan pendampingan tenaga ahli dan koperasi yang melaksanakan RAT akan diberikan penghargaan," katanya.

Baca juga: Pemprov Jabar data ulang seluruh koperasi untuk kembalikan kejayaan

Toto berharap sinergi yang sudah dibangun dengan baik selama ini mampu dimanfaatkan secara optimal oleh segenap pengurus koperasi untuk memajukan unit usaha yang dijalankan.

"Saya rasa apa yang telah dilakukan pemerintah daerah untuk menjaga keberlangsungan koperasi di Kabupaten Bekasi sudah sangat baik, tinggal bagaimana para pengurus dan anggota koperasi mampu menemukan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan usaha mereka," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024