Bekasi, 10/9 (ANTARA) - Sejumlah pasangan bakal calon Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai menyusun strategi guna meraih simpatik masyarakat perumahan di wilayah setempat menjelang pemungutan suara pada 16 Desember 2012.

Pasangan petahana Rahmat Effendi-Ahmad Saikhu (PAS) menjanjikan perbaikan jalan 100 persen di Perumahan Pondok Pekayon Indah (PPI), Kelurahan Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, kepada para warga setempat.

"Kita prioritaskan dulu jalan-jalan sekunder penghubung kecamatan dan kelurahan, baru kita masuk jalan lingkungan," ujar Rahmat di Bekasi, Senin.

Menurut dia, perbaikan jalan lingkungan di PPI baru dilakukan di Jalan Pakis Raya dan Pekayon Jaya hingga perbatasan Jakasetia.

"Prosesnya akan kita ukur dulu dan disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki," ujar politisi Golkar itu.

Menurut Rahmat, masyarakat perumahan memiliki pola fikir yang rasional, sehingga harus diyakinkan dengan realisasi program pembangunan.

Pasangan Sumiyati-Anim (SM2) yang diusung PDIP menjanjikan lingkungan perumahan yang bersih dengan meningkatkan kesejahteraan pekerja kebersihan setempat.

Menurut dia, tunjangan yang diterima petugas sampah di Kota Bekasi saat ini terbilang kecil. Padahal para petugas sampah ini memiliki peran yang sangat signifikan.

"Mereka berada di posisi paling tidak enak. Padahal mereka adalah ujung tombak tata ruang kita," katanya.

Program kebersihan di kawasan perumahan yang akan dilakukan pihaknya seperti pemilahan sampah hijau, plastik atau logam.

"Proses ini membutuhkan waktu. Tapi, jika hal ini sudah membudaya di kalangan masyarakat dengan sarana yang lengkap, masalah sampah akan teratasi sepenuhnya.

Menurut Sumiyati, masyarakat perumahan cenderung acuh terhadap pelaksanaan Pilwalkot setempat akibat agenda kesibukan mereka.

"Rata-rata masyarakat perumahan hanya singgah di Bekasi saja, Mereka berangkat kerja di Jakarta pada pagi hari dan pulang pada malam hari. Sehingga butuh strategi khusus untuk mendekatkan diri kepada mereka," katanya.


Andi F

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012