Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan upaya mitigasi memasuki musim penghujan guna menyelamatkan areal persawahan petani dari ancaman gagal panen.

"Kami terus berupaya melakukan sejumlah langkah dalam rangka penanganan dampak perubahan iklim saat ini," kata Sub Koordinator Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dodo Hadi Triwardoyo di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan langkah yang sudah dilakukan di antaranya menyediakan benih padi untuk didistribusikan langsung kepada kelompok tani penerima.

Baca juga: Melindungi lahan pertanian, menjaga swasembada pangan

"Kita masih terus tindaklanjuti langkah ini, antara lain menyediakan benih khususnya padi dan sudah didistribusikan ke sejumlah kelompok tani," katanya.

Pihaknya juga tengah menginventarisir pompa-pompa yang dimiliki untuk mengantisipasi drainase lahan persawahan apabila ada luapan air berlebih.

"Penyiapan pompa mobil juga kami lakukan bersama seluruh kelompok tani yang sudah terkoordinasi, sudah disiapkan saat ini," katanya.

Kemudian melakukan koordinasi intensif dengan sejumlah perangkat daerah terkait dalam hal penanganan antisipasi luapan air hujan yang masuk ke areal persawahan.

Baca juga: Pemkab Bekasi komitmen jaga swasembada pangan dengan jaga luas sawah

Dodo menyebut sampai saat ini kegiatan pengawasan terhadap seluruh areal pertanian terus dilakukan bersama dengan para penyuluh serta kelompok tani untuk memastikan keberlangsungan tanaman bahan pokok masyarakat.

"Standingcroop, kontroling kepada wilayah pertanian yang tengah ditanami juga menjadi satu hal yang penting sebagai upaya memastikan pertumbuhan tanaman padi," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024