Bupati Bogor Iwan Setiawan menugaskan 40 camat se-Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk mendeteksi dini gangguan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Agar hal tidak diinginkan bisa kita antisipasi dengan maksimal,” kata Iwan dalam Rakor Persiapan Penanganan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sentul, Bogor, Selasa.

Ia meminta para camat untuk berkoordinasi dengan para Kapolsek serta Danramil setempat untuk memastikan wilayahnya masing-masing kondusif selama pelaksanaan Natal, Tahun Baru, hingga pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 20024.

Baca juga: Polres Bogor siapkan 17 pos pelayanan dan pengamanan Natal dan Tahun Baru
Baca juga: 2.500 personel gabungan terlibat pengamanan Natal dan Tahun Baru di Bogor

Tak hanya itu, Iwan juga mengajak masyarakat turut serta dalam menciptakan kondusifitas wilayah dengan mendukung program-program yang dijalankan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam).

"Kita Pemkab Bogor sebagai fasilitasi, kemudian Lanud, TNI dan Polri bertugas mengamankan kondusifitas wilayah," ucap Iwan.

Sementara, Komandan Kodim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara menegaskan bahwa penanganan perayaan Natal 2023 dan pergantian Tahun Baru 2024 harus dilakukan dengan maksimal mengingat akan memasuki tahun politik yakni Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

“Sehingga dalam penanganan-nya kita harus lebih ekstra, waspada dan lebih hati-hati,” ujarnya.

Baca juga: Forkopimda Bogor susun strategi pengamanan selama Natal dan Tahun Baru

Ia mengaku akan menurunkan sejumlah personal untuk mengamankan tempat peribadatan gereja secara maksimal. Kemudian, juga pengamanan di pusat keramaian termasuk tempat wisata berkaitan dengan perayaan Tahun Baru.

Kapolres Bogor AKPB Rio Wahyu Anggoro mengatakan, pengamanan operasi Natal dan Tahun Baru dilaksanakan mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

"Jadi saya memohon bagaimana kita semua secara bersama-sama untuk menjaga kesucian Natal dari saudara-saudara kita yang melaksanakan Natal, ibadah Natal, pergantian akhir tahun 2023-2024 hingga pelaksanaan Pemilu 2024. Tentunya itu tugas kita secara bersama-sama," tutur Rio.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023