Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat, menyalurkan 112 warga yang berusia produktif untuk menjalani magang di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai modal masuk dunia kerja.

"Mereka akan menjalani kegiatan pemagangan di pabrik Toyota selama enam bulan ke depan," kata Bupati Karawang Aep Syaepuloh, di Karawang, Rabu.

Ia mengatakan selama peserta magang menunjukkan etos kerja yang baik dan kemampuan komunikasi yang bagus, serta sesuai dengan standar perusahaan, maka berpotensi untuk direkrut menjadi karyawan perusahaan tersebut.

Baca juga: Program pemagangan vokasi libatkan 26 perusahaan di Karawang

Karena itu Bupati Aep Syaepuloh berpesan agar ratusan warga Karawang yang mengikuti magang bisa menunjukkan kinerja yang baik, sehingga bisa ditarik oleh perusahaan untuk menjadi karyawan.

Ia mengatakan tujuan dari pemagangan antara lain untuk memberikan kesempatan mendapatkan pengetahuan dunia kerja pada bidang industri. Selain itu juga untuk memberikan pengalaman kerja yang nantinya menjadi bekal di jenjang kerja selanjutnya.

"Jadi bagi warga yang mengikuti program magang, silakan serap ilmunya dengan baik. Tunjukkan juga bahwa kalian bisa bersaing dan layak menjadi pekerja yang dibutuhkan," kata Bupati Aep Syaepuloh.

Baca juga: 5.000 Peserta Magang Di Karawang Akan Disalurkan

Ia menjelaskan mereka yang mengikuti program pemagangan merupakan warga berusia produktif yang mendaftar melalui aplikasi info lowongan kerja online Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang.

Sementara itu sebelum memulai pemagangan, para peserta mendapatkan pengetahuan dan wawasan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja di perusahaan. Hal tersebut disampaikan oleh pihak perusahaan yang menerima program pemagangan. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023