Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, meningkatkan kapasitas dan integritas puluhan pegawai pengamanan untuk mengoptimalkan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya warga binaan.

"Kegiatan ini sebagai penguatan tugas dan fungsi pengamanan bagi staf KPLP (Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan) dan staf kamtib (keamanan ketertiban) serta anggota regu pengamanan di Lapas Kelas IIA Cikarang," kata Kalapas Kelas IIA Cikarang Imam Sapto Riadi di Cikarang, Jumat.

Dia menjelaskan kegiatan peningkatan kapasitas dan integritas pegawai pengamanan ini diisi dengan penyampaian materi terkait penguatan tugas serta fungsi pengamanan.

Baca juga: Lapas Cikarang razia kamar dan tes urine tahanan jaga stabilitas keamanan

Penguatan tugas dan fungsi pengamanan itu, katanya, berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan serta Permenkumham Nomor 33 Tahun 2015 terkait pengamanan di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara.

"Ada tiga kunci pemasyarakatan aman, yaitu jaga kehormatan dan kebersamaan sesama petugas, berikan hak warga binaan tanpa embel-embel di luar ketentuan peraturan perundang-undangan, dan laksanakan tugas dan fungsi kita sebagai ASN dengan baik dan benar," katanya.

Menurut dia, tiga kunci itu wajib dijalankan segenap petugas pengamanan Lapas Kelas IIA Cikarang. Selain itu, pegawai pengamanan lapas wajib menjalankan tugas dengan baik sesuai aturan.

Baca juga: 1.268 warga binaan pemasyarakatan Lapas Cikarang terima remisi Kemerdekaan

Imam menyebutkan ada sejumlah kunci pemasyarakatan maju, yaitu deteksi dini, perang terhadap narkoba, sinergi dengan APH (aparat penegak hukum), serta pelayanan tahanan, pembinaan narapidana anak, pembimbingan klien, keamanan, dan ketertiban.

"Penting diperhatikan perawatan kesehatan, pengelolaan benda sitaan, dan barang rampasan," katanya.

Ia berharap kegiatan penguatan tugas dan fungsi ini dapat meningkatkan kapasitas serta integritas petugas pengamanan dalam melaksanakan tugas keamanan di lapas.

Baca juga: Lapas Cikarang "bersih-bersih" peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan

"Dengan tujuan terwujudnya optimalisasi keamanan dan stabilitas keamanan di lingkungan lapas. Saya berharap ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023