Pemerintah Kabupaten Bekasi di Provinsi Jawa Barat mengantisipasi potensi bencana alam pada musim penghujan dan melakukan langkah-langkah mitigasi.

"Kami lakukan persiapan menghadapi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan angin kencang," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan bahwa pemerintah daerah menyiapkan personel dan logistik keperluan pencegahan dan penanggulangan bencana alam pada musim penghujan.

"Artinya harus sudah dipersiapkan dari sekarang ini, termasuk langkah mitigasi yang dibutuhkan," katanya.

Baca juga: BPBD Bekasi lakukan upaya mitigasi banjir jelang musim penghujan
Baca juga: BPBD: Kabupaten Bekasi berstatus siaga bencana hidrometeorologi sepekan ke depan

Menjelang musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga menjalankan langkah-langkah mitigasi seperti memperbaiki saluran sekunder, drainase, dan gorong-gorong serta melakukan normalisasi sungai untuk memastikan aliran air tidak terhambat.

"Normalisasi kali atau sungai juga kita lakukan agar menambah daya tampung air ketika musim hujan," kata Dani.

Dia mengimbau masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan meminta jajaran aparat pemerintah kecamatan hingga desa/kelurahan menggerakkan warga untuk bekerja bakti membersihkan saluran-saluran air.

Baca juga: Kabupaten Bekasi bentuk FPRB libatkan pentahelix

"Pastikan seluruh saluran air di wilayah rawan banjir lancar dan jangan ada sampah yang menyumbat saluran air. Ini butuh kerja sama segenap lapisan masyarakat," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023