Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat bekerjasama dengan komunitas Purna Paskibraka Indonesia (PPI) menggelar musikalisasi puisi bagi perwakilan 15 sekolah dan universitas di sekitar Bogor dan Depok dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdul Rachim dalam sambutan acara di Botani Square Bogor, Sabtu petang, membakar semangat para pemuda dengan menyampaikan perjuangan para pemuda yang mengikrarkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

"Saya ingin cerita, bahwa dulu yang berikrar Sumpah Pemuda itu, para pemuda belum fasih berbahasa Indonesia, hanya ada satu dari mereka, tapi 17 tahun kemudian, mereka tidak menyangka, ketika kemerdekaan, sumpah mereka menjadi kenyataan," kata Dedie Rachim.

Baca juga: Disdik Bogor gelar turnamen tenis meja peringati Hari Sumpah Pemuda

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, kata Dedie Rachim, para pemuda harus bersemangat untuk menjadi pemimpin-pemimpin bangsa ke depan.

Pemuda harus menjadi tonggak perjuangan bangsa yang membanggakan dan mendapatkan peluang lebih cepat, bahkan bisa dengan cepat menjadi calon presiden Indonesia periode 2029 bagi yang saat ini sudah berusia 29 tahun.

"Siapa yang sudah 29 tahun sekarang, 6 tahun lagi sudah bisa jadi presiden, karena aturannya sudah ada. Saya doakan semoga ada yang menjadi presiden," katanya.

Baca juga: DPRD dorong Pemkot Bogor majukan peran pemuda dengan anggaran lebih baik

Ketua PPI Kota Bogor Bentar Wardana mengungkapkan peringatan hari Sumpah Pemuda memiliki arti yang mendalam, karena pemuda adalah harapan masa depan bangsa.

Dalam konteks bonus demografi Indonesia, generasi Z dan milenial memiliki peran kunci dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia.

“Oleh karena itu, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Bogor berinisiatif untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan bagi kaum muda yang diberi judul: Ikrar

Baca juga: Bima Arya sebut pemuda selalu dihadapkan pada dua pilihan

Pemuda Indonesia, dengan mengusung tema, pemuda-pemudi Indonesia dalam kepemimpinan, karya, dan masa depan,” katanya.

Bentar berharap kegiatan ini dapat menjadi salah satu pemicu untuk memberikan kesadaran kepada kami generasi muda, tentang pentingnya berkontribusi dalam perubahan positif untuk bangsa ini.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023