Sebanyak 1.231 santri di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengikuti ajang Pekan Olahraga dan Seni atau Porseni yang digelar pada 16-17 Oktober 2023 di Pondok Pesantren At-Taqwa, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan.

Kegiatan perlombaan antar pondok pesantren itu dibuka secara resmi oleh Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesra pada Setda Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti mewakili Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

"Porseni pondok pesantren adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk mencari santri berprestasi di bidang olahraga dan seni. Ajang ini sempat terhenti akibat pandemi COVID-19, tahun ini baru diadakan lagi," kata Sri Enny di lokasi, Senin.

Baca juga: Pesantren Nuu Waar Bekasi targetkan Khatam Quran 5.500 kali

Dia mengatakan Porseni Pondok Pesantren 2023 Kabupaten Bekasi mempertandingkan empat cabang olahraga antara lain sepakbola, futsal, bulutangkis, dan tenis meja. Sedangkan bidang seni ada kaligrafi, pidato, serta hadroh.

"Alhamdulillah, dari 300 pondok pesantren di Kabupaten Bekasi yang mendaftar 47 pondok pesantren dengan jumlah peserta 1.231 santri," katanya.

Kabupaten Bekasi memiliki banyak pondok pesantren berkualitas yang tidak hanya memberikan pendidikan agama saja melainkan juga mendukung perkembangan santri dalam berbagai aspek termasuk olahraga dan seni.

Baca juga: Pemkab Bekasi dorong peningkatan kualitas pendidikan ponpes

Dirinya berpesan kepada para santri yang mengikuti ajang ini untuk selalu menjaga sportivitas serta etika dalam setiap pertandingan. "Jadilah contoh yang baik dalam berkompetisi dan tunjukkan semangat kebersamaan yang kita junjung tinggi," katanya.

Ia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai agenda rutin pemerintah daerah dan ke depan bisa diikuti seluruh pondok pesantren di Kabupaten Bekasi.

"Kalau melihat pondok pesantren kita sangat banyak apabila diikuti semua lebih bagus lagi, jadi lebih banyak para santri yang berprestasi," ucapnya.

Baca juga: Pemkab dan DPRD Bekasi bahas raperda untuk tingkatkan mutu pendidikan pesantren

Kepala Bagian Kesra Kabupaten Bekasi Bennie Yulianto Iskandar mengatakan penunjukan Pondok Pesantren At-Taqwa Babelan sebagai tuan rumah Porseni 2023 berdasarkan kesepakatan bersama seluruh pemangku kebijakan terkait.

"Hasil diskusi Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, dan Forum Pondok Pesantren disepakati Porseni 2023 diselenggarakan di At-Taqwa dengan pertimbangan fasilitas olahraga yang memadai," kata dia.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023