Anggota DPRD Depok Qurtifa Wijaya menilai Karang Taruna (Katar) sebagai lembaga penting dan strategis bagi pembinaan dan pengembangan kreatifitas anak muda.

"Keberadaan Katar harus dipandang sebagai lembaga penting dan strategis bagi pembinaan dan pengembangan kreatifitas anak muda," kata Qurtifa Wijaya di Depok, Selasa.

Karena itu Qurtifa Wijaya mengajak pemerintah untuk memberi perhatian lebih kepada Katar yang ada di tingkat RW, kelurahan, dan kecamatan.

Selain itu peran Katar juga penting sebagai wadah yang menjaga dan mencegah anak muda berbuat hal negatif dalam pergaulan di lingkungan.

"Kalau lah para anak muda sudah sibuk dengan berbagai kegiatan positif, maka tidak akan ada waktu lagi untuk terlibat dalam tindakan negatif atau kriminal," ungkap pria yang calon Anggota DPRD Jawa Barat Dapil Kota Depok dan Bekasi.

Selain itu perhatian lainnya pemerintah kota juga harus memberi dukungan berupa fasilitas sarana prasarana, penguatan kelembagaan dan organisasi kepemudaan.

"Hal itu sebagai bentuk kegiatan pelatihan, event-event seni, budaya, olahraga dan lain sebagainya yang bisa menarik minat pemuda untuk berkarya dan berprestasi," tuturnya.

Menurut Qurtifa Wijaya menambahkan anak muda membutuhkan ekspresi dan kreativitas yang perlu diwadahi difasilitasi.

"Keberadaan organisasi di sekolah, atau di lingkungan seperti Katar, remaja masjid dan sejenisnya bisa menjadi wadah untuk menghimpun anak muda menyalurkan bakat dan minatnya dengan berbagai program dan kegiatan yang positif," ungkapnya.

Selain itu untuk menjaga pergaulan anak muda ke hal negatif peran keluarga sangat penting.

Sebab orang tua menjadi model atau contoh bagi anaknya yang baik.

"Peran keluarga. Pendidikan dan keteladanan, komunikasi dan kedekatan orang tua dengan anak sangat penting. Orang tua hendaknya menjadi model atau contoh yang baik bagi anak," kata Qurtifa Wijaya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023