Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyalurkan bantuan kepada warga duafa serta pelajar jenjang SD, SMP, SMA, dan sederajat di wilayah Kecamatan Kedungwaringin.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pemberdayagunaan pada Baznas Kabupaten Bekasi Aminulloh mengatakan bantuan ini masuk dalam Program Bekasi Peduli dan Bekasi Cerdas berupa paket bahan pokok dan perlengkapan sekolah siswa.

"Kami sudah melaksanakan Baznas on the road sejak tahun 2018. Hari ini kami menyalurkan 300 Paket Senyum (Sembako Nyampe Rumah) untuk membantu warga duafa," katanya di Cikarang, Kamis.

Baca juga: Baznas Bekasi salurkan 25.784 rantang makanan untuk lansia dan duafa

Pihaknya juga menyerahkan bantuan Program Bekasi Cerdas berupa biaya pendidikan serta alat tulis untuk menunjang kebutuhan belajar bagi 90 pelajar SD hingga SMA.

"Bantuan diberikan kepada 30 siswa masing-masing jenjang pendidikan sehingga total ada 90 penerima berupa alat tulis dan tas. Uang saku Rp400 ribu bagi murid SD, Rp500 ribu bagi siswa SMP, dan Rp700 ribu bagi pelajar SMA," katanya.

Aminulloh berharap semakin banyak dermawan yang berzakat melalui Baznas, mulai dari ASN, swasta, hingga elemen masyarakat, sehingga ke depan program bantuan ini dapat ditingkatkan dan berkelanjutan.

Baca juga: 500 pelaku UMKM di Kabupaten Bekasi terima bantuan modal usaha

Sementara itu Sekretaris Camat Kedungwaringin Ratna Jatnika mengatakan program bantuan dari Baznas Kabupaten Bekasi sudah dilaksanakan sebanyak dua kali di Kecamatan Kedungwaringin pada tahun ini.

"Bantuan sembako disalurkan kepada warga dari tujuh desa sedangkan bantuan pendidikan diberikan kepada para pelajar yang berasal dari 22 sekolah di Kecamatan Kedungwaringin. Alhamdulillah kami bersyukur sekali ada perhatian dari Baznas Kabupaten Bekasi, baik untuk siswa maupun masyarakat, terutama para lansia," katanya.

Ia berharap Program Bekasi Peduli maupun Bekasi Cerdas berkesinambungan dan rutinsetiap tahun sehingga semakin banyak lagi warga membutuhkan yang terbantu.

Baca juga: Baznas Bekasi salurkan bantuan 46 gerobak barokah kepada pelaku UMKM

"Mudah-mudahan ke depan lebih baik dan lebih bagus lagi karena program ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Warga setempat Wati Hartati (59) mengaku bersyukur sekaligus mengucapkan terima kasih atas bantuan sembako yang telah disalurkan. "Alhamdulillah banyak-banyak terima kasih sebesar-besarnya. Ibu sebagai janda tidak ada yang menafkahi dan hanya dagang kecil-kecilan di sini. Intinya berharap Baznas lebih maju dan masyarakat semakin meningkat kesadaran untuk berzakat sehingga dapat membantu warga kecil seperti kami," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023