Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memberikan Pin Penghargaan kepada 47 anggota pasukan pengibar bendera atau Paskibra yang telah bertugas pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di daerah itu.

"Penghargaan ini sebagai apresiasi pemerintah daerah kepada putra-putri terbaik Kabupaten Bekasi yang sudah berhasil mengibarkan bendera merah putih. Semoga ini selalu menjadi contoh untuk tetap meraih prestasi teladan," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan usai memberikan Pin Penghargaan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu.

Penghargaan diberikan secara simbolis kepada Akhmad Roudhoh dari SMA Presiden sebagai Lurah Paskibra, Letda Arm Syaif Apriyadi sebagai Danton, Raja Al Ghiffari Panjiyoga yang menjadi anggota Paskibraka Nasional, serta Noval Ardhana Alfi Nasri di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Lilly Indriani, pembawa baki Paskibraka tuntaskan tugas meski sepatu lepas di HUT RI

Dani mengatakan putra dan putri terbaik ini sukses mengemban tugas mulia sekaligus mengukir keberhasilan serta mampu menunjukkan prestasi teladan yang patut dibanggakan seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi.

Ia mengaku untuk mencapai keberhasilan seperti yang diukir anggota Paskibra ini dibutuhkan kerja keras, perjuangan, serta pengorbanan dalam melewati seluruh tantangan.

"Untuk mencapai sukses banyak upaya, perjuangan, dan pengorbanan yang kita lakukan, namun sukses itu kunci utamanya adalah kerja keras kita semua selama ini," katanya.

Baca juga: Paskibraka Bali jalankan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di tengah hujan yang basahi lapangan

Pemerintah daerah di waktu bersamaan juga meluncurkan aplikasi sistem seleksi pendataan kandidat calon pembawa baki tingkat Nasional Paskibraka Putri Kabupaten Bekasi atau disingkat 'Si Duta MBZ' guna mengakomodasi potensi terbaik daerah.

Dani mengaku terobosan inovasi 'Si Duta MBZ' ini perlu disiapkan dengan matang dan sistematis untuk menggali potensi serta melahirkan generasi baru calon Paskibra Kabupaten Bekasi.

"Dengan aplikasi ini semua siswa di sekolah bisa mengikuti seleksi calon Paskibra terbaik untuk dikirim ke tingkat Provinsi Jawa Barat maupun Nasional," ucap dia.

Baca juga: Bupati Bogor berikan beasiswa kuliah Paskibraka nasional hingga lulus

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi Iman Nugraha mengatakan tahun ini istimewa karena pemerintah daerah berhasil mengirimkan Paskibra Kabupaten Bekasi di tingkat Provinsi Jawa Barat dan Nasional.

Sebelum ke tahap itu, seleksi penuh secara ketat dilakukan dalam rangka memilih anggota Paskibra terbaik di tingkat Kabupaten dan Provinsi hingga mampu mengantarkan ke tingkat Nasional.

"Tahun ini kita mampu mengirimkan dua anggota Paskibra di tingkat Provinsi dan Nasional melalui seleksi yang sangat ketat juga tapi kami memang sudah optimistis mereka akan berhasil," kata Iman.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023