Depok (Antara Megapolitan) - Sebanyak 119 tim mahasiswa yang berasal dari 37 Perguruan Tinggi se-Indonesia bertanding pada Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) IX/2016 di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

"Mereka bertanding untuk menciptakan karya dan produk inovatif di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk 10 kategori lomba," kata Rektor UI Muhammad Anis, usai membuka acara Gemastik di Balairung UI Depok, Kamis.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Dr. Didin Wahidin, M.Pd beserta para perwakilan pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia dan pihak swasta.

Rektor menuturkan UI sangat mendukung kegiatan Gemastik ini karena sejalan dengan upaya UI dalam meningkatkan penguasaan teknologi dan peningkatan hasil karya inovasi mahasiswa.

Kegiatan Gemastik juga sejalan dengan upaya strategis pemerintah di dalam meningkatkan perkembangan teknologi sebagai prasyarat meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

Dikatakannya para peserta Gemastik harus bangga karena kalian telah ambil bagian di dalam upaya meningkatkan kemampuan bangsa dalam penguasaan TIK.

"Manfaatkanlah sebesar-besarnya peluang di GEMASTIK ini untuk mengembangkan potensi diri sebagai agen perubahan melalui pengembangan Iptek di masa kini dan masa yang akan datang," ujarnya.

Dalam sembilan tahun terakhir, Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) secara berkesinambungan dilaksanakan.

Kegiatan ini merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016