Atlet catur Kabupaten Bogor menjadi juara umum dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur tingkat Jawa Barat setelah berhasil membawa pulang sebanyak 23 medali.

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bogor Ajat Rochmat Jatnika di Bogor, Jumat, menjelaskan bahwa timnya berhasil mengumpulkan 11 medali emas, enam medali perak, dan enam medali perunggu.

Kejurda Catur Jawa Barat yang berlangsung di Villa Tjokro, Cisarua, Kabupaten Bogor, pada 18-22 Juni 2023 itu diikuti oleh 25 Pengcab Percasi se-Jawa Barat.

Baca juga: Percasi Bogor targetkan bawa pulang tujuh medali emas di Porprov XIV Jabar

Juara kedua diraih oleh Kota Bandung, dan juara ketiga diraih Kabupaten Bekasi.

"Atlet-atlet Kabupaten Bogor sudah memberikan yang terbaik untuk cabang olahraga catur kita, ini juga bukti adanya regenerasi," kata Ajat.

Ia mengaku bersyukur karena Kabupaten Bogor tahun ini kembali meraih piala Kejurda Jawa Barat yang telah lepas dari genggaman pada tahun lalu.

Ajat menyebutkan bahwa mulai dari atlet junior hingga senior memberi kontribusi dalam raihan medali emas. Sehingga, menurut dia, perlu ada upaya agar para atlet tersebut tetap betah di Kabupaten Bogor.

Baca juga: 407 Pecatur Ikuti Kejurda Jabar 2013 di Bogor

“Bentuknya dengan memberikan program-program yang membuat mereka semakin mencintai catur, betah di Kabupaten Bogor, sehingga catur bisa semarak di Bumi Tegar Beriman,” ujarnya.

Sementara, Ketua Umum Percasi Jawa Barat Deni Nurdiana Hadimin berharap para atlet yang telah berhasil mendapat medali emas agar menjadikan raihan pada Kejurda sebagai motivasi untuk terus berprestasi.

"Kita berkali-kali menjadi juara pada PON, dan sudah ditetapkan tahun depan Jawa Barat harus kembali menjadi juara umum khususnya cabor catur," kata Deni.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023