Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan siap berkolaborasi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat untuk melakukan pengamanan dan pengawalan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Hal terpenting ialah melibatkan masyarakat dalam mengawal pemilu, agar berlangsung dengan aman, damai, dan berkualitas," kata Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono saat Rakor Fasilitasi Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Karawang di Karawang, Jawa Barat, Jumat.

Ia berharap jajaran bawaslu hingga panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) dan aparat kepolisian, khususnya intel, bisa saling berkoordinasi dalam mengawal pemilu.

Menurut dia, jajaran intel di polsek dan panwascam bisa bersama-sama memetakan permasalahan pemilu, melakukan deteksi, dan melakukan penanganan.

Kapolres juga menyampaikan sekecil apapun persoalan atau permasalahan pemilu, yang muncul, harus segera diatasi dan tidak menunggu permasalahannya besar, baru ditangani.

"Istilahnya, kalau ada percikan, harus segera dipadamkan, jangan menunggu percikan itu jadi api," katanya.

Ia berharap terjadi kolaborasi yang baik antara pihak kepolisian dengan Bawaslu Karawang dalam pengawasan pemilu, dari tingkat bawah sampai tingkat atas.

"Ada 850 polisi RW di wilayah Karawang yang bisa kolaborasi dengan para pengawas dari bawaslu. Termasuk di jajaran polsek, bisa berkolaborasi dengan jajaran pengawas di tingkat panwascam," kata dia.

Kapolres mengajak jajarannya serta para pengawas dari Bawaslu Karawang untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan menjaga integritas, demi mewujudkan pemilu yang berkualitas.

Komisioner Bawaslu Karawang Roni Rubiat Machri meminta jajaran panwascam membangun sinergisitas dengan jajaran Polri untuk mewujudkan pengawasan yang kolaboratif dengan aparat penegak hukum.

"Untuk menjaga pemilu sesuai relnya dan mewujudkan pemilu berkualitas, perlu kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk tentunya dengan masyarakat," kata dia.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang Syaifullah, yang juga hadir, menyampaikan pihaknya mendukung upaya pengawasan dan sinergisitas yang baik untuk mewujudkan pemilu damai dan berkualitas.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023