Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi pada Perguruan Tinggi Swasta (PPPTV-PTS) akan meningkatkan kualitas pembelajaran termasuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) perguruan tinggi swasta (PTS) yang menyelenggarakan pendidikan vokasi.

“Saya memiliki harapan besar bahwa program ini mampu menjadi enabler (pengaktif) bagi perguruan tinggi swasta penyelenggara pendidikan vokasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengimplementasikan MBKM,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Kiki Yuliati di Jakarta, Jumat.

Kiki menjelaskan program PPPTV-PTS yang dimulai sejak 2020 telah memberikan manfaat kepada banyak perguruan tinggi swasta untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang bermuara pada peningkatan akreditasi program studi dan perguruan tinggi.

Baca juga: Kemendikbudristek minta 1.600 peserta program IISMA 2023 berkontribusi bangun RI
Baca juga: Pemkab Bekasi raih penghargaan program sekolah penggerak
Baca juga: Kurikulum merdeka akan diperkenalkan secara luas jadi kurikulum nasional pada 2024

Program tersebut sekaligus merupakan salah satu faktor pengungkit kepatuhan pelaporan pada PD-DIKTI.

“Program PPPTV-PTS sudah memberikan manfaat kepada 47 PTS pada 2020, 116 PTS pada 2021 dan 54 PTS pada 2022,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia pun mengimbau agar PTS penyelenggara pendidikan vokasi dapat melahirkan inovasi pembelajaran yang berkaitan dengan MBKM serta mengimplementasikan kerja sama kolaboratif dengan mitra industri melalui adanya program bantuan dana ini.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023