Ratusan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang, Jabar, akan mendapatkan pendampingan dan pelatihan sekitar empat bulan untuk pengembangan produk-nya.

"Kegiatan pendampingan dan pelatihan bagi pelaku UMKM ini dipelopori Dinas Koperasi dan UMKM Jabar, melalui program UMKM Jabar," kata Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, di Karawang, Senin.

Ia menyampaikan, pelaksanaan program UMKM Juara ini akan dilaksanakan selama empat bulan.

Baca juga: Wabup Karawang ajak pelaku UMKM manfaatkan klinik konsultasi tingkatkan kualitas produk

Untuk bentuk kegiatannya tidak hanya pendampingan dan pelatihan. Namun juga membahas tata cara perizinan, penyediaan infrastruktur, fasilitasi pembiayaan, promosi, kemitraan dan standarisasi produk.

"Manfaat yang bisa didapat oleh UMKM dengan program juara ini adalah penguatan diri dan manajemen usaha UMKM untuk bisa naik kelas dari skala kecil ke menengah," kata dia.

Selain itu, melalui kegiatan tersebut, para pelaku UMKM juga dibimbing untuk memanfaatkan teknologi dalam berbisnis untuk mencapai pasar.

Baca juga: Wabup Karawang perlihatkan produk UMKM lokal ke Kemenkop dan UKM

"Ada 189 UMKM yang akan didampingi selama empat bulan ke depan," katanya.

Fokus pendampingan tahun ini adalah pada penguatan pada akses pembiayaan, legalitas, dan akses pemasaran.

Ia menyebutkan kalau sebenarnya Pemkab Karawang melalui Dinkop dan UMKM telah mengupayakan kemudahan bagi para pelaku UMKM dalam mengurus hal-hal yang berkaitan dengan perizinan.

Baca juga: Ratusan UMKM Karawang terima pinjaman modal melalui program Kopi Luwang

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bukti kalau Pemkab Karawang serius mendukung para pelaku UMKM untuk maju dan berkembang.

Usaha mikro kecil menengah merupakan istilah umum dalam dunia ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif, baik yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023