Karawang (Antara Megapolitan) - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana meminta manajemen perusahaan yang berada di daerah tersebut bersedia menerima para pencari kerja untuk menjalani program magang.

"Kami menjamin para pencari kerja akan disalurkan ke sejumlah perusahaan industri. Sebagai tahap awal, mereka harus mengikuti program magang di perusahaan-perusahaan selama enam bulan," katanya, di Karawang, Minggu.

Hal tersebut disampaikan karena pihaknya menginginkan agar ada kesempatan bagi para pencari kerja secara merata, sesuai keahliannya masing-masing.

Setelah mereka mengikuti program pemagangan selama enam bulan, kemudian pihak perusahaan harus melaporkan hasilnya kepada Bupati Karawang.

"Pihak perusahaan bisa menilai apakah mereka yang mengikuti program magang layak atau tidak untuk diangkat menjadi karyawan," katanya.

Ia menyatakan, evaluasi dari pihak perusahaan terkait dengan kinerja mereka yang mengikuti program magang diperlukan agar pihak perusahaan dan Pemkab Karawang memiliki data tentang hal itu.

Pemkab Karawang sendiri tidak akan bisa memaksakan kehendak untuk mendorong mereka yang tidak memenuhi kualifikasi agar menjadi karyawan.

"Kami tidak ada kewenangan mengenai hal itu," katanya.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016