Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kini memiliki layanan kateterisasi jantung atau cath lab untuk mengatasi kebutuhan masyarakat dalam pengobatan penyakit kardiovaskular yang terus meningkat.

"Jadi RSUD Ciawi ini sudah setingkat dengan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. Alhamdulillah sampai tahun 2022, RSUD Ciawi sudah melayani sekitar 620 pasien penyakit jantung, dengan tindakan operasi jantung," kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat meresmikan layanan cath lab dan ruang VIP Camelia di RSUD Ciawi, Kabupaten Bogor, Jumat.

Menurutnya, layanan kesehatan jantung di RSUD Ciawi ditangani oleh dokter senior spesialis jantung berkualitas yang juga merupakan dokter ahli di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita.

Baca juga: RSUD Ciawi Bogor buka layanan Instalasi Manajemen Nyeri

Iwan memastikan bahwa layanan cath lab ini bisa diakses masyarakat menggunakan BPJS Kesehatan. Pasalnya, kata dia, di Indonesia, baik rumah sakit swasta maupun RSUD, mayoritas pasiennya adalah peserta BPJS.

“Saya berharap di seluruh RSUD yang kita miliki, semua punya layanan penyakit jantung. Dengan adanya dokter-dokter jantung di RSUD Kabupaten Bogor nantinya bisa melayani masyarakat dengan cepat bahkan murah,” terang Iwan.

Ia menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Bogor menggunakan anggaran daerah dua tahun berturut-turut demi RSUD di daerahnya memiliki layanan cath lab.

Baca juga: Bantuan alat donor plasma konvalesan dari Kemenkes di RSUD Ciawi belum optimal

Upaya itu, kata Iwan, agar masyarakat Kabupaten Bogor tidak perlu sampai ke luar kabupaten, ataupun provinsi lain untuk melakukan pengobatan jantung.

“Semoga terus semangat berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan, sebagaimana motto RSUD Ciawi, melayani dengan hati dan senyum,” kata Iwan.

Sementara, Direktur Utama RSUD Ciawi, dr Fusia Meidiawaty mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan layanan di RSUD Ciawi, seperti halnya penyediaan layanan cath lab dan sembilan ruangan VIP Camelia.

Baca juga: Wakil Bupati Bogor lakukan sidak RSUD Ciawi

Ia menjelaskan, RSUD telah menyediakan layanan cath lab sejak tahun 2017, namun operasionalnya melalui kerja sama dengan pihak ketiga. Saat itu, RSUD Ciawi bahkan menjadi rumah sakit pertama di Bogor yang membuka layanan cath lab.

"Jumlah layanan cath lab di RSUD Ciawi dari tahun ke tahun meningkat, mulai dari 185 pasien pada tahun 2017 hingga mencapai 620 pasien setahun pada tahun 2022. Hal ini menunjukkan tingkat kegawatdaruratan pasien jantung semakin meningkat dari tahun ke tahun," ungkap dr Fusia.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023