Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, resmi pindah kantor ke bangunan baru yang berlokasi di Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor Irvan Firmansyah saat peresmian gedung baru di Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu, mengatakan bahwa bangunan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang kerja Bawaslu.

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Bogor beralamat di Jalan Raya Pondok Rajeg -Ruko Green Patio 1-2  No.17, Kelurahan Tengah, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16914.

Saat ini, Gedung Baru Bawaslu Kabupaten Bogor beralamat di Jalan Tegar Beriman 38, Kelurahan Tengah, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16914. Letaknya tak jauh dari Gedung KPU Kabupaten Bogor di Jalan Tegar Beriman 35.

"Kami sangat bersyukur atas apa yang sudah kami terima dari pemerintah daerah Kabupaten Bogor. Semuanya ini sudah selesai dan awal tahun 2023. Kami mulai berkantor di gedung baru ini," kata Irvan.

Bangunan tiga lantai tersebut berdiri di atas tanah seluas 1.890 meter persegi. Pemerintah Kabupaten Bogor menghabiskan dana belasan miliar untuk pembangunan Gedung Bawaslu. Pada APBD tahun anggaran 2021 sebesar Rp3,7 miliar, dan APBD tahun anggaran 2022 sebesar Rp9,5 miliar.

Irvan menyebutkan bahwa pembangunan kantor Bawaslu Kabupaten Bogor merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. 

"Kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Bogor yang sudah memfasilitasi gedung khusus untuk Bawaslu Kabupaten Bogor. Kami apresiasi keseriusan pemerintah daerah dalam menyongsong tahapan pemilu 2024," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah di Provinsi Jawa Barat, yang membangunkan gedung untuk Bawaslu hanya ada dua yakni di Bekasi dan Kabupaten Bogor.

"Bisa diklaim Bawaslu Kabupaten Bogor paling megah di kabupaten/kota se-Jawa barat," katanya.  

Bangunan baru itu, kata Irvan, sangat layak untuk melakukan rangkaian hingga pelaksanaan pemilu 2024 mendatang. 

"Gedung ini memang sudah sesuai dengan kebutuhan kami. Ada ruang sidang, ruang klarifikasi dan ruang komisi.Jelas ini sangat menunjang kinerja pengawasan pemilu 2024 di kabupaten Bogor," kata Irvan.

Sementara, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan di tempat yang sama mengingatkan pentingnya menjaga sinergi antara Bawaslu Kabupaten Bogor, Pemerintah Kabupaten Bogor, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor dan Peserta pemilu.
 
“Saya minta semua bersinergi dengan Bawaslu, karena wujud kedewasaan demokrasi ini adalah sinergi,” ujarnya.
 
Ia juga menyatakan apresiasi atas terbangunnya Gedung Bawaslu dengan tepat waktu. Ia akan melengkapi beberapa sarana prasarana seperti mebeler hingga Sumber Daya Manusia (SDM).  
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023