Tren bermain golf di timur dari Jakarta meningkat usai pandemi COVID-19 hingga tidak hanya sebatas olahraga melainkan sudah menjadi gaya hidup warga pribumi maupun ekspatriat wilayah itu, kata Direktur Padang Golf Cikarang Fachrully Lasahido di Cikarang, Senin.

"Golf juga menjadi perhatian pemerintah karena masuk kategori padat karya, menciptakan banyak lapangan kerja baru. Salah satu olahraga favorit masyarakat setelah pandemi," katanya.

Dia menjelaskan pandemi virus corona sejak Maret 2020 lalu justru membuat olahraga ini semakin digemari warga, terbukti dari catatan data kenaikan jumlah pengunjung yang terbilang drastis.

Padang Golf Cikarang mencatat pada tahun 2019 hanya dikunjungi sebanyak 5.000 orang namun ketika wabah COVID-19 muncul jumlahnya terus mengalami kenaikan dan saat ini sudah mencapai 56.000-69.000 pengunjung.
Pengunjung Padang Golf Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sedang berlatih memukul dasar dengan sasaran bola melambung jauh, Senin. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
Dari jumlah tersebut terdapat sebanyak 8.000-12.000 pengunjung yang berasal dari wilayah Ibu Kota antara lain Jakarta Selatan dan Jakarta Timur sedangkan penambahan terbanyak didominasi warga sekitar kawasan industri Cikarang.

"Karena Cikarang merupakan pusat perekonomian Indonesia, rajanya kawasan industri dengan ribuan ekspatriat dari berbagai negara. Bahkan di kami sudah ada 400-500 member aktif tahunan asal Korea dan Jepang," katanya.

Ruli menyebutkan penambahan jumlah pengunjung padang golf ini berbanding lurus dengan bertambahnya lapangan kerja baru yang menjadi komitmen perusahaan mendukung program padat karya pemerintah menyusul banyak warga setempat yang tidak bekerja lagi akibat pandemi.

"Pandemi dua tahun kemarin banyak warga sekitar padang golf tidak bekerja, banyak kena PHK, alhamdulillah kami mampu mempekerjakan mereka kembali di sini. Satu lapangan golf ada 500 karyawan dan 250 caddy (pramugolf)," katanya.

Jababeka Golf juga terbukti mampu menghasilkan atlet-atlet andalan daerah hingga nasional. Teranyar pada ajang Pekan Olahraga Provinsi XIV Jawa Barat 12-19 November 2022, atlet Kabupaten Bekasi sukses menyabet seluruh emas yang dipertandingkan.

"Tujuh nomor emas mulai dari foursome putra dan putri, mix foursome, individual putra dan putri, sampai beregu putra dan putri bisa disapu bersih sehingga turut membantu Kabupaten Bekasi menjadi juara umum Porprov Jabar," ucapnya.

GM Residential and Commercial PT Jababeka Ie Rina mengatakan Padang Golf Cikarang dibangun sejak 1996 dengan rancangan golfer dan arsitek kelas dunia Nick Faldo di atas lahan seluas 70 hektare yang dikelilingi pepohonan rindang serta ladang hijau dan rimbun.

"Ada 18 hole yang tertata apik hingga memberikan tantangan dan kenikmatan para pemain golf dari semua level kemampuan mulai pemula hingga profesional. Sebagai upaya mendukung prestasi olahraga di Kabupaten Bekasi, kami juga ada kelas khusus junior untuk mencari talenta muda berbakat," katanya.

Pihaknya bahkan mengembangkan hunian baru berkonsep Smart Life Balance dan Modern Japan Living bernama Paradiso Golf Villa yang diproyeksikan mampu menjadi hunian paling bergengsi karena dikelilingi pemandangan lapangan golf berstandar internasional dengan akses langsung ke lapangan.

"Selain hamparan padang golf juga dilengkapi berbagai fasilitas mulai pusat kebugaran, taman bermain anak, kolam renang, lapangan tenis, tempat pijit, serta gerai ritel yang menjadikan kawasan ini sebagai satu-satunya hunian impian bagi golfer di Indonesia dengan akses langsung ke lapangan golf," katanya.

Baca juga: Sejumlah polisi jadi supir bagi wisatawan keliling Gedung Sate gunakan mobil golf

Baca juga: Pegolf Kabupaten Bekasi sumbang dua medali emas Porprov Jabar

Baca juga: BNI kembali sponsori turnamen golf Indonesian Masters yang baru diluncurkan

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023