Propam dan Satresnarkoba Kepolisian Resor Kabupaten Karawang melakukan tes urine secara mendadak terhadap para pejabat utama Polres Karawang beserta para Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek).

"Kami melakukan pengecekan urine jajaran Polres, untuk mengetahui kepatuhan anggota agar tidak mengonsumsi narkoba," kata Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono di Karawang, Sabtu. 

Saat tes urine,  Propam dan Satresnarkoba ditugaskan melakukan pemeriksaan untuk diteliti keterkaitan pemakaian narkoba.

Hasil tes langsung diumumkan secara terbuka untuk memberikan pembelajaran akan pentingnya petugas menjauhi narkoba.

Kapolres Karawang menyebutkan pemeriksaan atau tes urine itu dilakukan secara mendadak, tak ada pemberitahuan sebelumnya.

Ia berkomitmen memberantas narkoba di Karawang. Salah satu upayanya ialah dengan mengantisipasi adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polres Karawang.

Hal tersebut dilakukan guna mendukung dan mewujudkan Polri yang Presisi, serta sebagai wujud komitmen Polres Karawang dalam memberantas narkoba.

Kasi Propam Polres Karawang AKP Siti Barkah mengungkapkan pengecekan urine jajaran kepolisian itu sebagai penegakan disiplin dan dilakukan sebagai bentuk pengawasan internal, guna mencegah anggota Polri dalam penyalahgunaan narkoba.

"Alhamdulillah, dari semua yang dicek urine, semuanya negatif," kata dia. 

Dengan begitu, katanya, tidak ada ruang bagi anggota yang menyalahgunakan narkoba. Jadi, jika ada anggota Polri terbukti mengonsumsi barang haram atau zat adiktif, maka pihaknya tidak akan memberikan toleransi.

“Bagi yang terbukti melanggar, akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023