Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, bersama Dinas Perhubungan setempat melakukan pengecekan kelayakan kondisi kendaraan angkutan umum seperti bus di Terminal Klari, memasuki musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Pengecekan kelayakan kendaraan angkutan umum ini kami lakukan sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan," kata Kasatlantas Polres Karawang, AKP Laode Habibi Ade Jama, di Karawang, Ahad.

Ia menyampaikan, pengecekan kelayakan kendaraan angkutan umum dilakukan bersama jajaran Dinas Perhubungan Karawang.

Baca juga: Penumpang bus di Terminal Klari Karawang meningkat drastis pada musim mudik

Melalui kegiatan pengecekan kelayakan kendaraan angkutan umum itu, pihaknya ingin memastikan kalau angkutan umum yang digunakan pada liburan Natal dan Tahun Baru benar-benar aman dan layak.

Kasatlantas juga sempat memberikan arahan kepada para sopir dan pengelola angkutan di Terminal Klari agar melengkapi administrasi dan mengecek kendaraannya secara berkala mengenai kelaikan kendaraan.

"Tentu saja hal ini kami lakukan demi menjamin keselamatan dan keamanan para penumpang," kata dia.

Baca juga: Status Terminal Klari Karawang akan dikembangkan jadi tipe A

Ia menyebutkan, para sopir dan pengelola angkutan umum di Terminal Klari menyatakan siap mendukung Operasi Lilin Lodaya 2022 dengan mempersiapkan armadanya sebaik mungkin.

Sementara itu, dalam melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Karawang mendirikan 12 pos pengamanan (pos pam) di wilayah Karawang.

Sebanyak 12 pos pam itu didirikan di sepanjang jalur mudik wilayah Karawang.

Ke-12 pos pam itu di antaranya dibangun di titik perbatasan Bekasi-Karawang (Tanjungpura) serta di tiga rest area jalan Tol Jakarta-Cikampek, yakni di rest area KM 48, KM 57 dan KM 62.

Baca juga: Dishub tutup terminal bus di Karawang

Selain itu, pos pam Natal dan Tahun Baru juga dibangun di sekitar Bundaran Mega M, Galuh, Pendeuy, terminal Klari, Kosambi, Dawuan, simpang Jomin serta di Wilayah Gamon yang merupakan titik perbatasan Karawang-Subang.

Menurut Kasatlantas, pos pam tersebut disebar di sepanjang jalur mudik, mulai dari titik perbatasan Karawang-Bekasi hingga titik perbatasan Karawang-Subang.

Untuk jumlah personel kepolisian yang diturunkan untuk melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru sebanyak 550 personel.

Ratusan personel polisi itu akan dibantu oleh personel lain yang terdiri atas TNI, PMI, komunitas, serta jajaran Pemkab Karawang, demikian Laode Habibi Ade Jama.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022