Bogor (Antara Megapolitan) - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN 1 Kota Bogor, Jawa Barat resmi ditutup, jumlah pelamar melebihi kuota mencapai 900 orang.

"Kami menerima 900 pelamar, sementara kuota kami hanya 400 orang siswa," kata Kepala Sekolah MAN 1 Ruyani saat ditemui di kantornya, Selasa.

Ia mengatakan, MAN 1 membuka penerimaan siswa baru melalui jalur reguler tidak melalui PPDB Online. Pendaftaran telah dibuka sejak awal Mei.

"Masa pendaftaran ditutup sampai 23 Juni," katanya.

Untuk menjaring calon siswa baru, MAN 1 memberlakukan seleksi yakni seleksi administrasi, wawancara dan tes baca tulis Alquran.

"Tes baca tulis Alquran menjadi tes wajib masuk MAN 1," katanya.

MAN 1 juga memberlakukan pasingrade, nilai tes dibagi dengan nilai ujian nasional. Siswa yang lolos yang masuk dalam grade yang telah ditentukan.

Menurutnya, tingginya minat siswa mendaftar MAN 1 tidak terlepas dari koordinasi yang dilakukan dengan sejumlah MAN yang ada di Kota Bogor.

"Jadi siswa yang tidak tertampung misalnya di MAN 2 bisa melamar ke MAN 1. Kita saling berkoordinasi," katanya.

Ia mengatakan, MAN 1 memiliki 10 kelas dengan masing-masing kelas memiliki 40 rombongan belajar.

MAN 1 mengedepankan pendidikan agama dan umum, dengan keunggulan berbagai ekstrakuriler diantara jurnalistik dan memiliki Laboratorium Agama.

"MAN 1 mengedepankan pendidikan akhlak. Dengan akhlak generasi muda dapat membetengi diri dari arus globalisasi," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016