Bandung (Antara Megapolitan) - Petugas gabungan dari Polda Jawa Barat  dan Polrestabes Bandung berhasil mengatasi dan menghentikan kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Banceuy Kota Bandung, Sabtu.

"Kondisi keributan di Lapas Banceuy sudah berhasil diatasi, dan dua orang provokator dari warga binaan ditangkap untuk dimintai keterangan," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol AR Yoyol di Bandung.

Penghuni Lapas Banceuy yang terlibat kerusuhan melakukan pembakaran fasilitas lapas sehingga mengakibatkan di kerusuhan lapas itu.

Aparat kepolisian yang dikontak pihak Lapas Banceuy mengerahkan sekitar 600 petugas untuk mengatasi kerusuhan yang terjadi mulai pukul 08.00 WIB di Lapas yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung itu.

Petugas dikerahkan masuk ke dalam lapas dan berhadapan dengan para warga binaan yang melakukan perlawanan dengan lemparan batu. Akibatnya sekitar lima anggota Polri terluka terkena lemparan batu.

Selain itu petugas kebakaran dari Dinas Kebakaran Kota Bandung juga diturunkan ke lokasi kejadian untuk menghentikan kebakaran di lokasi lapas yang dihungi oleh narapidana kasus narkoba itu.

Sementara itu Jalan Soekarno Hatta ditutup sejak oleh aparat kepolisian sehingga terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalan by pass di kawasan itu.

Sementara itu kerusuhan yang terjadi di Lapas Banceuy Kota Bandung itu dipicu oleh ditemukannya seorang warga binaan yang dalam proses penanganan asimilasi ditemukan gantung diri. Hal itu membuat sejumlah penghuni lapas terprovokasi dan melakukan aksi keributan yang akhirnya berujung pembakaran fasilitas lapas. (Ant).  

Pewarta: Feri Purnama & Syarif Abdullah

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016