Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi mencatat pada akhir pekan ini atau Sabtu (20/8) harga komoditas pangan utama di Kota Sukabumi, Jawa Barat, seperti beras, minyak goreng, ayam broiler dan telur ayam negeri stabil.

"Dari hasil pencatatan petugas pemantau harga dan persediaan barang di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kota Sukabumi, untuk komoditas pangan utama harganya masih stabil di akhir pekan ini," kata Kasi Pengawasan Barang Diskumindag Kota Sukabumi Moh Rifki di Sukabumi.

Adapun data dari Diskumindag Kota Sukabumi .beras Ciherang Cianjur kualitas I Rp11.500/kg, kualitas II Rp10 ribu /kg, beras Ciherang Sukabumi Rp9.400/kg dan  premium kualitas I Rp12 ribu /kg.

Kemudian daging ayam broiler Rp37 ribu /kg, telur ayam negeri Rp31 ribu/kg, minyak goreng curah Rp13.500- Rp14 ribu /kg, gula pasir lokal Rp14ribu/kg, minyak goreng dalam kemasan Rp20 ribu-Rp22 ribu/liter dan untuk daging sapi masih tetap bertahan di harga Rp130 ribu/kg.

Menurut Rifki, dari hasil pendataan untuk persediaan masih mencukupi dan tidak ada barang yang langka. Kemudian untuk harga kebutuhan pokok yang masih tinggi dikarenakan harganya sudah naik di tingkat petani, ditambah permintaan yang meningkat 

"Untuk pasokan hingga saat ini lancar dan meskipun ada keterlambatan tidak dalam waktu yang lama sehingga tidak mempengaruhi terhadap harga," tambahnya.

Di sisi lain, Rifky mengimbau kepada masyarakat agar tidak terpengaruh oleh adanya isu inflasi yang bisa menyebabkan melonjaknya harga kebutuhan pokok, karena saat ini pemerintah mulai daerah hingga pusat terus berupaya untuk menekan kenaikan harga pangan. Selain itu, tidak melakukan aksi borong barang yang bisa memicu terjadinya lonjakan harga yang dikarenakan persediaan semakin menipis.
   

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022