Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mulai membangun akses jalan menuju Jembatan Bojongmangu yang menghubungkan wilayah itu dengan Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Iwan Ridwan mengatakan pekerjaan pembangunan jalan pendekat menuju jembatan yang melintasi Sungai Cibeet itu dilakukan sepanjang 385 meter dengan lebar jalan sembilan meter.

"Pembiayaan pekerjaan pembangunan ini bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi tahun 2022 sebesar Rp4,5 miliar dengan target selesai November tahun ini," katanya di Cikarang, Rabu.

Baca juga: Warga Bekasi minta perbaikan jalan Jembatan Bojongmangu-Pangkalan

Dia mengatakan pembangunan jalan ini setelah pemerintah daerah menyelesaikan pembebasan lahan di ruas yang akan diperbaiki tersebut. Pekerjaan fisik tersebut guna memudahkan masyarakat melintasi jalur yang dimaksud mengingat kondisi jalan itu memang dinilai tidak layak.

"Pembangunan ini akan membawa manfaat besar kepada warga, perekonomian rakyat juga bisa berkembang," ucap dia.

Selain meningkatkan perekonomian masyarakat, akses Jembatan Cibeet juga mempermudah para pekerja kawasan industri dari dua wilayah baik dari Kabupaten Bekasi maupun Kabupaten Karawang.

"Saya meminta masyarakat turut mengawasi pekerjaan perbaikan jalan tersebut agar berjalan lancar dan sesuai spesifikasi sehingga menghasilkan kualitas jalan yang bagus," katanya.

Baca juga: Kabupaten Bekasi berencana bangun jembatan penghubung Bekasi-Karawang

Kepala Desa Bojongmangu Ibut Jari mengapresiasi pemerintah daerah yang telah merealisasikan pembangunan jalan pendekat tersebut agar masyarakat bisa lebih lancar dan nyaman menuju Jembatan Cibeet.

"Dibangunnya jalan pendekat jembatan Kali Cibeet ini, kami yakin sangat bermanfaat bagi warga, dan perekonomian masyarakat bisa meningkat. Mudah-mudahan pembangunan infrastruktur di Desa Bojongmangu ke depan bisa ditingkatkan lagi, mengingat wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang juga semakin bertambah," katanya.

Pembangunan di ruas jalan itu menindaklanjuti terselesaikannya pembangunan Jembatan Kali Cibeet oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2021 lalu dengan menghabiskan anggaran senilai Rp30 miliar ditambah pembebasan lahan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Dua wilayah di Bekasi ini rawan pergeseran tanah

Saat itu pembangunan hanya menyentuh jembatan saja sementara akses jalan penghubung dibiarkan rusak sehingga warga masih harus bersusah payah melintasi jembatan tersebut dan tahun ini pemerintah daerah merealisasikan pembangunan jalan akses menuju jembatan.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022