Polresta Bogor Kota berkomitmen membuka akses masyarakat ke Mapolresta dengan menggelar serangkaian perlombaan pada Hari Anak Nasional 2022 untuk memberi ruang kreativitas bagi anak-anak. 
 
Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat diwawancarai usai memberi hadiah perlombaan balap sepeda balance bike Bogor usia 2,3,4 tahun, di Kota Bogor, Sabtu, berharap perlombaan yang digelar dapat menumbuhkan kedisiplinan, kecakapan, dan semangat bertanding sesuai usia. 
 
"Kami berharap anak-anak kita ke depan lebih baik dalam menghadapi tantangan zaman," ujar Susatyo.
 
Sementara itu, Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria menambahkan pada tiga kategori lomba yang digelar Polresta bersama komunitas-komunitas anak, baik lapangan hingga ruang pertemuan dijadikan area perlombaan. 
 
Pertama adalah balap sepeda 60 anak usia 2,3,4 dalam komunitas Balance Bike Bogor di lapangan Mapolresta Bogor Kota, serta 200 anak lomba menyanyi dan mewarnai. Sebelumya telah ada perlombaan cerdas cermat tingkat SMA se-Kota Bogor pada Jumat (22/7) yang telah jarang dilakukan dunia pendidikan. 
 
Dia menuturkan, dengan akses yang terbuka itu diharapkan masyarakat bisa lebih dekat tanpa sekat dengan kepolisian. Ini juga menjadi ajakan dan peringatan untuk mengurangi kekerasan terhadap anak. 
 
Galih berharap inisiatif Polresta Bogor Kota menggaet masyarakat untuk bergairah mementingkan pertumbuhan anak yang baik dengan berbagai kegiatan pada momen Hari Anak Nasional 2022 ini dapat berdampak positif.  
 
"Polisi begitu dekat dengan masyarakat, kami ingin tanpa sekat. Kami dukung kreativitas anak-anak agar tidak takut pada polisi, tetap juga mengenal sejak dini untuk disiplin dan sebaliknya bagi orang tua agar mengurangi kekerasan pada anak, lebih baik dukung mereka berkembang," katanya. 
 
Pantauan ANTARA di Mapolresta Bogor Kota Jalan Kapten Muslihat, sejak Sabtu (23/7) pagi lapangan Mapolresta Bogor Kota telah ramai oleh sorak semangat orang tua kepada anaknya yang sedang lomba sepeda balance bike. 
 
Sebanyak 60 anak-anak laki-laki dan perempuan usia 2,3,4 tahun nampak antusias mengayuh sepeda meski tanpa pedal. Kaki mereka yang nampak mungil terus berusaha mendorong sepeda melintasi trek yang sudah disiapkan panitia. 
 
Di ruang pertemuan Polresta Bogor Kota, anak-anak yang mengikuti lomba menyanyi, bermain musik dan mewarnai juga tak kalah heboh. Mereka berbaur dan berusaha menjadi yang terbaik. 
 
 
 
 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022